"Loading..."

Kunjungi Malang, Dirut Perhutani Makan Bareng Pesanggem

MALANG – Pada tanggal 10 Mei lalu, Direktur Utama Perum Perhutani Bambang Sukmananto melakukan kunjungan kerja ke wilayah Malang dan sekitarnya. Dalam kunjungan ini dirut memberikan pembinaan terhadap karyawan-karyawati KPH Malang, KPH Pasuruan dan SPH IV Malang, didampingi oleh Kepala Biro SDM & Umum Perhutani Unit II Jawa Timur Mohamad Widianto dan beberapa pejabat lain.

Dalam arahannya, Bambang berharap karyawan dapat meningkatkan etos kerja dan terus menjaga kekompakan dalam membangun perusahaan sesuai visi dan misi yang diemban. Bambang juga mengatakan agar dilakukan peningkatan terhadap produksi di luar kayu, seperti minyak kayu putih, ekowisata dan air madu untuk bisa menambah pendapatan. “Karena masih banyak produk-produk alam yang berkualitas bisa dikelola dan dimanfaatkan,” pesan Bambang.

Usai pembinaan karyawan, Dirut dan rombongan meninjau lokasi tanaman Pinus tahun 2011 yang berada di Petak 173 RPH Gendogo BKPH Kepanjen KPH Malang. Orang nomor satu di Perhutani ini merasa puas dengan hasil tanaman pinus yang tumbuh bagus. Petak ini memiliki luas 6,2 Ha dan ditanam dengan sistem tumpangsari.

Menurut petani pesanggem yang ditemui, dari hasil tenaman tumpangsari di petak tersebut diperoleh panen padi sebesar 19,8 ton pada tahun 2011.  Selanjutnya lokasi tersebut diganti dengan tanaman cabe dan kacang.  Hingga saat ini penghasilan dari cabe mencapai 490 kg dengan harga berkisar Rp.7000/kg, sementara untuk tanaman kacang belum menghasilkan karena belum panen.

Pada kesempatan tersebut Dirut minum kepala muda dan mencicipi hidangan tradisional bersama para pesanggem.  Sebelum melanjutkan perjalanan menuju Blitar, Bambang berpesan kepada pesanggem  untuk menjaga dan merawat tanaman sebaik-baiknya sehingga tetap bagus dan hasilnya memuaskan.

(Humas Malang)

Share: