"Loading..."

Kunjungi Perhutani, BPK Lakukan Uji Petik Tanaman RHL 2020 Di Garut

GARUT, PERHUTANI (23/02/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Garut menerima kunjungan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) dalam rangka Pemeriksaan paket I kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) tahun 2020, seluas 565,25 hektar pada Satuan Kerja Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Cimanuk-Citanduy, di lokasi persemaian kantor Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Cikajang, Senin (22/02).

Acara tersebut dihadiri Kepala Departemen Perlindungan Pengelolaan Sumber Daya Hutan dan Perhutanan Sosial (PPSDH & PS) Sudaryana beserta jajaran management KPH Garut, tim BPK-RI, Iswani, Indartoyo Firmansyah dan Julianto Dwi Nugroho, Kepala BPDASHL, Rukma Dayadi, pendamping Peltek, Yeni Maryani.

Pemeriksaan tim BPK terhadap Perhutani sebagai pelaksana penyediaan bibit dan penanaman. Pemeriksaan bibit dilakukan secara sensus di lokasi persemaian terhadap 5 jenis bibit tanaman sebanyak 58.893 plances.

Untuk tanaman pemeriksaan dilakukan secara sampling di petak 89f dan petak 89g dengan bibit yang telah ditanam sebanyak 4 jenis sejumlah 137.726 plances, pengukuran berdasarkan Petak Ukur (PU) pengujian berbentuk persegi panjang 40 meter Ă— 25 meter.

Sudaryana mengingatkan agar jajaran Asisten Perhutani (Asper) dan jajarannya untuk mengawal pelaksanaan penyelesaian pemeriksaan tanaman Rehabilitasi Hutan dan lahan (RHL) sebaik-baiknya.

Diakhir kunjungan tim BPK, Iswani menuturkan bahwa pemeriksaan terhadap persediaan bibit dan tanaman hasil PU yang dilakukan sampling hasilnya baik dan dapat diterima.

Iswani menambahkan agar jajaran Asper yang ada kegiatan tanaman RHL 2020 dapat memperhatikan beberapa catatan yang harus diperbaiki, ditindaklanjuti dan melaporkan persediaan bibit jenis Alpukat, Kopi dan Pinus untuk diseleksi dengan cara memilah bibit sesuai ketinggian.

“Aktivitas seleksi bibit sebelum dan sesudah agar dibuat dokumentasi menggunakan koordinat (time stamp) dan divideokan berikut hasil penilaian dari konsultan Waslai sebagai laporan,” ujarnya.

Yeni Maryani, mewakili BPDASHL menyatakan bahwa BPDASHL Cimanuk-Citanduy mengucapkan terima kasih kepada Administratur KPH Garut beserta seluruh jajarannya atas kerjasama yang baik dalam kegiatan pelaksanaan pemeriksaan tersebut.

“Semoga petak ukur yang dilakukan sampling dapat menggambarkan seluruh lokasi areal penanaman RHL yang diuji petik,” pungkasnya. (Kom-PHT/Grt/Imn).

Editor : Ywn
Copyright©2021