"Loading..."

Kunjungi Perhutani, PMII Jawa Timur Jajaki Kerjasama Agroforestry di Banyuwangi Selatan

BANYUWANGI SELATAN, PERHUTANI (9/2/2021)| Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Selatan menerima kunjungan dari pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jawa Timur dalam rangka penjajagan kerja sama yang diterima langsung oleh Panca M. Sihite selaku Administratur Perhutani KPH Banyuwangi Selatan di ruang kerjanya, Senin (8/2).

Dalam pertemuan itu Panca M. Sihite mengatakan, bahwa pihaknya sangat mendukung tujuan kunjungan PMII yakni menyampaikan program pengurus PMII Jawa Timur yang ingin membuat pilot project Agroforestry dengan pola kerja sama. Menurutnya Perhutani sudah melakukan kerja sama agroforestry sejak tahun 2001 dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di wilayahnya, “Bahkan sampai sekarang juga dengan ada kerja sama dengan Kelompok Tani Hutan (KTH),” ujarnya.

“Ada dua kemungkinan kerja sama yang bisa dilakukan yakni kerja sama Tripartit yaitu antara Perhutani, LMDH/KTH dan PMII, atau dengan Bipartit antara Perhutani dengan PMII, namun yang penting harus di cek dulu lahannya untuk kesesuaian jenis tanaman yang akan ditanam,” Panca menambahkan.

Sementara itu pengurus PMII Abdul Ghoni saat dikonfirmasi usai kunjungan mengatakan bahwa untuk mewujudkan agenda millenial bertani, pihaknya bermaksud ingin melakukan pilot project Agroforestry di lahan Perhutani dengan pola kerja sama. “Sebagai generasi muda kami ingin juga berpartisipasi menjaga kelestarian hutan dengan memanfaatkan lahan di bawah tegakan untuk jenis pertanian Agroforetsry,” pungkasnya. (Kom-PHT/Bws/Muk)

Editor : Ywn

Copyright©2021