"Loading..."

Lestarikan Sumber Mata Air, Perhutani dan LSM Pecinta Lingkungan Tanam Pohon Bersama di Blora

BLORA, PERHUTANI (29/01/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blora menanam pohon bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) pecinta lingkungan Pamor Kuat, masyarakat desa, dan stakeholder lainnya di Desa Ngiyono, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora, Kamis (28/01).

Penanaman secara serentak dilaksanakan di dua tempat, yaitu di dalam kawasan hutan Perhutani yaitu di sekitar mata air Ipeng Nyamin, tepatnya di Petak 110 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sumberjo, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Nglawungan yang masuk daerah administratif Desa Ngiyono dan di kawasan perbatasan hutan yaitu mata air Pandan Kowang, Desa Dringo, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora.

Gerakan menanam pohon bersama dilakukan sebagai bagian dari program upaya pelestarian lingkungan terutama sumber air, dengan jenis-jenis pohon yang dijuluki sebagai ‘sahabat air’, diantaranya: beringin, trembesi, kepuh, gayam, bambu, randu, dan jenis-jenis lainnya.

Administratur KPH Blora melalui Asisten Perhutani (Asper) BKPH Nglawungan, Joko Sasmito, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon sahabat air dilakukan dalam rangka menjaga kelestarian sumber mata air agar ketika kemarau masyarakat sekitar hutan tidak kesulitan air sebagaimana yang kerap terjadi.

“Hal ini juga menjadi bentuk kepedulian semua pihak yang terlibat, dan diharapkan dapat menginspirasi generasi muda untuk lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu tokoh LSM Pamor Kuat, Moerendra mengungkapkan bahwa LSM peduli lingkungan dan masyarakat sekitar hutan akan selalu mendukung program-program dari pemerintah. Salah satunya untuk menjaga dan melestarikan hutan/lingkungan terutama kelestarian sumber mata air. Karena hutan, air, mempunyai peranan penting untuk mewujudkan keseimbangan alam serta untuk mencegah timbulnya bencana alam seperti kekeringan, banjir, dan tanah longsor.

“Kami sampaikan terima kasih kepada jajaran Perhutani KPH Blora, Kepala Desa, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Blora, unsur Forkopimca dan tentunya masyarakat, yang telah bersinergi, memfasilitasi, dan mendukung berlangsungnya acara ini”, ujar Moerindra.

Selain masyarakat sekitar hutan, acara yang diselenggarakan Perhutani KPH Blora tersebut juga dihadiri oleh Kepala Desa Ngiono Jari beserta perangkat, Danramil Japah Yusantoso, Bhabinkamtibmas Polsek Japah Rukiman, dan serta sejumlah tamu undangan lainnya. (Kom-PHT/Blr/Wnt)

Editor : Ywn
Copyright©2021