"Loading..."

Liburan Tahun Baru, Ratusan Wisatawan Datang

ssRADARPEKALONGAN.COM (3/1/2017) | Daya tarik pesona alam obyek wisata Goa Kiskendo di Desa Trayu, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal mampu menjadi daya tarik bagi ratusan wisatawan lokal dari berbagai daerah dari dan luar Kendal ke tempat wisata memanfaatkan hari libur panjang tahun baru 2017. Seperti apa?
Menakjubkan. Itulah yang terlihat saat berada di obyek wisata Goa Kiskendo di Desa Trayu, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal. Pengunjung pun tak perlu merogoh kocek banyak, cukup dengan membayar karcis tanda masuk wisata sebesar Rp 5.000,00 dapat menikmati keindahan seluruh potensi alam Goa Kiskendo yang terletak di daerah dataran tinggi dengan lingkungan alam yang masih alami dan asri itu.
Goa Kiskendo merupakan salah satu kekayaan wisata di Kabupaten Kendal, yang pengelolaannya berada di bawah Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah KPH Kendal.
Letak obyek wisata tersebut berjarak sekitar 22 KM dari Kota Kendal. Untuk menuju ke Goa Kiskendo, pengunjung dapat mengendarai sepeda motor atau kendaraan roda empat.
Sarana akses jalan menuju ke lokasi sudah sangat baik, menjadi nilai tambah bagi pengunjung untuk dapat menikmati pesona keindahan alam Goa Kiskendo. Jika dari arah selatan, agar bisa ke Goa Kiskendo itu, maka wisatawan yang akan berkunjung bisa melewati jalur kecamatan Boja. Sedangkan bila melalui arah utara, maka dapat melalui jalur Kecamatan Kaliwungu yang jaraknya lebih kurang delapan kilometer.
Kondisi jalanan yang naik turun dan berkelok-kelok dengan pemandangan alam yang indah serta udara yang menyejukkan akan mewarnai perjalanan wisatawan saat akan menuju Goa Kiskendo tersebut. Hal itu karena Goa Kiskendo tersebut letaknya berada di daerah dataran tinggi dengan lingkungan alam masih alami dan asri, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Pada saat masuk kawasan goa, pengunjung akan melihat pintu gerbang goa yang besar dan lebar. Di sini pengunjung akan menjumpai pula bongkahan batu besar yang tersusun dengan sangat indahnya berupa stalagmit dan stalagtit.
Keindahan yang disuguhkan obyek wisata itu tak cukup sampai disitu. Pada saat wisatawan masuk ke dalam goa dan sampai pada ujung goa, mereka akan menjumpai sungai yang mengalir menembus perut bumi dengan kondisi airnya yang jernih. Kemudian selain goa utama yakni Goa Kiskendo juga terdapat goa-goa kecil di sekitarnya seperti Goa Lawang, Goa Pertapaan, Goa Talangan, Goa Kempul, dan Goa Kampret. Sehingga hal itu akan menambah betah bagi pengunjung untuk berlama-lama berada di obyek wisata yang menawarkan keindahan alamnya berupa goa tersebut.
Salah seorang pengunjung, Ghilda (23) warga Kecamatan Gemuh, mengaku senang bisa berwisata tahun baruan ke obyek wisata Goa Kiskendo yang ada di wilayah Singorojo.
Pasalnya, selama ini setiap kali liburan dirinya hanya bertandang ke obyek wisata pantai yang dikelola pemerintah daerah Kendal.
“Ke Goa Kiskendo ini, saya naik motor sama teman yang asli Boja. Karena dia yan tahu jalannya. Medannya agak susah karena berkelok-kelok tapi pemandangan alamnya indah. Biasanya ke pantai, tapi liburan tahun baru kali ini saya sempatkan ke Goa Kiskendo ini,” kata dia, Senin (2/1).
 
Sumber: radarpekalongan.com
Tanggal: 3 Januari 2017