"Loading..."

Loco Tour Cepu Ikuti Budaya Virtual

JAWAPOS.COM (15/11/2020) | Heritage Loco Tour Cepu terpilih dalam pergelaran seni budaya Pemprov Jateng. Acara ini dapat disaksikan secara virtual.

Selain Blora, ada lima kabupaten dengan wisata masing-masing yang turut berpartisipasi. Yakni Demak, Pati, Kudus, Jepara, dan Rembang.

Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Wahyu Irvan mengungkapkan, kabupaten menampilkan pertunjukan masing-masing daerah. ”Karena masih pandemi, pertunjukan dilakukan di masing-masing kabupaten. Antarkabupaten dan provinsi secara virtual bisa menonton,” tuturnya kemarin.

Wahyu menambahkan, karena pelaksanaannya secara virtual, pihaknya memilih Loco Tour Cepu. Dalam pertunjukan tersebut, nantinya Dinporabudpar akan menampilkan tari tradisional. Sehingga, bisa sesuai dengan konsep latar belakangnya.

”Supaya bisa nyambung dengan konsep tari tradisional dan background lokasinya, kami memilih Loco Tour,” tambah Wahyu.

Dalam gelaran tersebut, pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan. Sehingga, para pemain tetap aman.

Heritge Loco Tour tersebut dimiliki dan dikelola KPH Perhutani Cepu. Lokasinya berada di Jalan Sorogo Cepu. Loco Tour pada mulanya Bengkel Traksi atau Depo Loco tempat bersemayam loco-loco tua milik Perhutani yang dibangun sejak 1911. Sedangkan jaringan relnya dibangun pada 1915.

Kini, lokasi tersebut menjadi tempat wisata yang cukup ramai. Dalam dua bulan setelah dibuka kembali dalam suasana pandemi, pengunjugnya ada sekitar 1000 orang.

Sumber : jawapos.com

Tanggal : 15 November 2020