"Loading..."

Mahasiswa IAIN Jember Laksanakan PPL di Wilayah Perhutani

JEMBER, PERHUTANI (1/3/2021) | Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember dari Fakultas Dakwah melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jember selama enam pekan yang berlangsung mulai tanggal 26 Februari 2021.

PPL tersebut dilaksanakan di wilayah Perhutani Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lereng Yang Barat. Penentuan lokasi PPL atas dasar adanya Peraturan Menteri Lingkugan Hidup dan Kehutanan P.83 tahun 2016 tentang Perhutanan Sosial di Indonesia termasuk dalam wilayah kawasan hutan Perhutani.

Administratur Perhutani KPH Jember, Rukman Supriatna dalam keterangan secara terpisah menjelaskan bahwa PPL untuk melihat langsung pelaksanaan Perhutanan Sosial ini memiliki nilai-nilai keilmuan, sehingga sangat memungkinkan pihak akademisi untuk bekerja sama guna mengembangkan Perhutanan Sosial demi meningkatkan kelestarian hutan dan pemberdayaan masyarakat.

Menurut Rukman dalam pelaksanaan Perhutanan Sosial ini masyarakat tidak berkeinginan untuk memiliki kawasan hutan secara pribadi maupun kelompok tertentu, “Tetapi mereka bersemangat untuk mengelola kawasan hutan guna mendapatkan peningkatan ekonomi keluarga dan masyarakat tanpa merusak sedikit pun potensi sumber daya hutan,” tutur Rukman.

Mughnan Faroid selaku koordinator lapangan kegiatan PPL menyampaikan, bahwa ternyata manfaat hutan sangat nyata dirasakan oleh masyarakat desa hutan. “Dengan tidak merusak hutan masyarakat dapat memanfaatkan ruang-ruang diantara tegakan hutan untuk ditanami kopi, porang, talas, jahe, kunyit, alpukat, manggis, petai serta kegiatan pemanfaatan lingkungan wisata air terjun dan lain-lain yang banyak kami temukan dalam kawasan hutan,” terangnya.

“Kami juga secara langsung bersama masyarakat desa hutan dan petugas Perhutani Lereng Yang Barat melakukan pekerjaan penggarapan di lahan Perhutani seperti menyadap pohon pinus, membersihkan gulma di bawah tegakan kopi dan pinus, memungut getah pinus, mengangkut dan menimbang di tempat penampungan getah (TPG),” tambah Mughnan Faroid.

Sementara itu Dosen Pembimbing PPL, Zaenal Fanani menilai bahwa program Perhutanan Sosial yang dilaksanakan di wilayah Perhutani Jember ini sangat relevan dengan program studi pemberdayaan masyarakat Islam UIN Jember. “Disamping bersentuhan langsung dengan proses pemberdayaan masyarakatnya juga memiliki nilai-nilai keilmuan lingkungan untuk dikembangkan secara akademik,” ujarnya. (Kom-PHT/Jbr/As)

ditor : Ywn

Copyright©2021