"Loading..."

Mahasiswa UNPAD Belajar Budidaya Tanaman Porang di Perhutani Saradan

SARADAN, PERHUTANI (23/9/2020) | Mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung jurusan program study Agroteknik Ega Apriliana dan Maghfiroh Mahasiswi Universitas Jember jurusan Agroteknik yang tergabung dalam Forum Aliansi Mahasiswa Agroteknik Indonesia melakukan kunjungan belajar teknik budidaya tanaman porang di petak 94 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Klangon Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Pajaran Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan pada Rabu (22/9).

Administratur KPH Saradan Bambang Cahyo Purnomo mengatakan, bahwa ia sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Aliansi Forum Mahasiswa Agroteknik Indonesia untuk belajar tanaman porang di wilayah kerjanya. “Semoga ilmu yang diperoleh dari Saradan ini bermanfaat untuk dapat dikembangkan di daerahnya,” ujarnya.

Bambang menjelaskan bahwa budidaya tanaman porang di wilayahnya dikerjasamakan dengan 8 Lembaga Masyarakat Desa Hutan(LMDH) yaitu LMDH Pandan Asri, LMDH Rimba Mas Sejahtera, LMDH Wono Joyo Waluyo, LMDH Pandan Arum, LMDH Wono Joyo Kusumo, LMDH Sumber Wono Lestari, LMDH Wono Makmur dan LMDH Wono Lestari. “Budidaya tanaman porang tersebut dikerjakan oleh LMDH dengan Pemanfaatan Lahan dibawah Tegakan (PLDT) yang lokasinya berada dalam kawasan hutan BKPH Pajaran, BKPH Tulung, BKPH Kedungbrubus dan BKPH Kaliklampok,” katanya.

Sementara itu dalam keterangannya Egi Apriliana menyampaikan bahwa tujuan kedatangannya adalah untuk belajar teknik budidaya tanaman porang yang rencana akan dikembangkan di daerah Majalengka (Jawa Barat). Karena menurut informasi yang dia dengar bahwa Perhutani KPH Saradan bersama LMDH telah berhasil mengembangkan budidaya tanaman porang dan mampu mendatangkan keuntungan yang besar untuk Perhutani dan masyarakat sekitar hutan.

”Kami tertarik belajar teknik budidaya tanaman porang karena mampu mendatangkan keuntungan yang besar tanpa merusak hutan. Usai kembali nanti kami akan praktekkan dengan membuat uji coba atau demplot seluas 1 hektar di wilayah Majalengka,” ujar Egi. (Kom-PHT/Srd/Swn)

Editor : Ywn

Copyright©2020