"Loading..."

Masyarakat Banyuasih Tasikmalaya Antusias Ikuti Sosialisasi Perhutanan Sosial

TASIKMALAYA, PERHUTANI (22/10/2020) | Dalam upaya memberikan pemahaman program pemerintah yaitu Perhutanan Sosial (PS), Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat di wilayah Desa Banyuasih, bertempat di kantor Desa Banyuasih, Selasa (20/10).

Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh Tim KPH Tasikmalaya, Camat Taraju Rohandi, Danramil Taraju Rohadi, Kapolsek Taraju Agus, Kepala Desa Banyuasih Suherman, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Ahmad Kosasih, segenap kepala Dusun & RT Desa Banyuasih.

Ditempat terpisah Administratur KPH Tasikmalaya, Benny Suko Triatmoko menyampaikan bahwa tujuan sosialisasi tersebut untuk memberikan pemahaman secara masif sebagai pedoman implementasi Perhutanan Sosial baik skema Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) maupun Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS) sehingga masyarakat bersedia bekerjasama dengan Perhutani setelah dibentuknya Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

“Perhutanan Sosial di wilayah kerja Perhutani merupakan sistem pengelolaan hutan lestari yang dilaksanakan dalam kawasan hutan negara yang dikelola Perhutani bersama masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan, keseimbangan lingkungan dan dinamika sosial budaya dalam bentuk pemanfaatan lahan hutan melalui mekanisme kerjasama,” jelas Benny.

Camat Taraju, Rohandi menyambut baik sosialisasi pemahaman perhutanan sosial memalui skema Kulin KK dan IPHPS ini. Pihaknya siap mendukung program tersebut dan berharap dalam pelaksanaan di lapangan nantinya dapat mensejahterakan masyarakat sekitar hutan yang tergabung dalam LMDH.

“Kami sepakat untuk melaksanakan Perhutanan Sosial dengan skema Kulin KK mengacu pada Permenhut No.83/2016. Kami mengajak semua lapisan masyarakat di wilayah Desa Banyuasih untuk sama-sama mensukseskan program ini sehingga akan berdampak baik pada kesejahteraan masyarakat sekitar hutan”, ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Banyuasih, Suherman menyampaikan dengan dilakukannya sosialisasi Perhutanan Sosial maka masyarakat dapat lebih memahami betapa pentingnya melestarikan sumber daya hutan baik secara ekonomi, ekologi, dan sosial. (Kom-PHT/Tsk/UWA)

Editor : Ywn
Copyright©2020