"Loading..."

Masyarakat Desa Siap Amankan Tebangan Jati

2014-11-29-Cms- teresan-web

Dok.Kom-PHT/Cms @2014

CIAMIS, PERHUTANI (20/11) | Masyarakat Desa hutan yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mustika siap mengamankan teresan Jati seluas 162,19 Ha dengan jumlah 16,421 pohon, target Produksi 12.624M3. Kayu jati yang sudah diteres (dimatikan) dan siap tebang berlokasi di 4 Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) yang ada Perhutani Ciamis.

Ketua LMDH Mustika, Ardi menyatakan bahwa kegiatan pengamanan di kawasan hutan merupakan kewajiban Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH ) untuk mengamankan aset negara dan sudah ada Nota Kesepahaman (MoU) antara Perhutani Ciamis dengan LMDH. Kami juga selaku LMDH akan mendapatkan bagi hasil sharing dari kegiatan produksi hutan tersebut.

“Jumlah anggota LMDH Mustika sebanyak 65 orang , kami melaksanakan pengamanan hutan bersama dengan Pihak perhutani dengan cara bergilir baik siang maupun malam hari . ” tandasnya.

Kepala Sub Seksi (KSS) Perencanaan Perhutani Ciamis, Hendardi menyatakan bahwa
sebelum dilaksanakannya teresan di adakan dulu Job training pelaksanaan tebangan teresan karna dalam melaksanankan teresan perlu tenaga terlatih dengan teknis khusus saat meneres tegakan jati sehingga dihasilkan jati teresan dengan kualitas yang tinggi.dibanding tebang tanpa teresan.

“Teresan perlu pengamanan khusus, maka jajaran Polhut bersama lembaga masyarakat desa hutan (LMDH) mengamankan secara khusus tegakan jati yang diteres, yang pelaksanaan penebangannya akan dimulai pada awal Januari tahun 2015. “jelasnya (Kom-PHT/Cms/Bun)

Editor  :  Dadang K Rizal

@copyright 2014

Share: