"Loading..."

Mendorong Kesejahteraan Petani Melalui Perhutanan Sosial

KOMPAS.TV (20/11/2020) | Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi melakukan kunjungan lapangan ke beberpa lokasi perhutanan sosial di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Hal ini untuk mengetahui tantangan dan kendala di lapangan dalam pemanfaatan lahan hutan sosial serta menjaga kawasan hutan tetap lestari.

Salah satu lokasi yang dikunjungi adalah Wana Wisata Siti Sundari yang berada di Desa Burno, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Disini pihak Kementerian Koordinasi Kemaritiman dan Investasi menggelar dialog dengan sejumlah pihak mulai dari pemerintah daerah, Perhutani, serta beberapa Kelompok Usaha Perhutanan Sosial atau KUPS.

Sejumlah masukan dan keluhan warga disampaikan kepada pihak Kemenko Marves yang diwakili oleh Deputi IV Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan, Nani Hendriyanti.

Dalam kesempatan tersebut, tim Kemenko Marves juga melihat usaha petani sekitar hutan, yakni peternakan sapi. Petani di desa ini memanfaatkan hutan sosial untuk aktivitas peternakan, pemeliharaan rumput, serta pengelolaan susu dan biogas. Pihak Perhutani menyediakan lahan hutan yang siap digunakan untuk mendukung program perhutanan sosial, sementara pihak bank memberikan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat kepada petani penggarap.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq berharap ada intervensi lintas kementerian dalam upaya mendorong kesejahteraan masyarakat sekitar hutan. Dengan kolaborasi lintas sektor diharapkan perkembangan produktivitas usaha masyarakat dapat dipercepat.

Menurut Nani Hendriyanti, Program Perhutanan Sosial di Kabupaten Lumajang merupakan wujud nyata keseriusan pemerintah dalam mendorong perbaikan kesejahteraan petani dan pemerataan ekonomi di wilayah tersebut. Nani menambahkan, program ini merupakan program priorotas nasional sehingga perlu didorong bersama.

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, Program Perhutanan Sosial tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama masyarakat yang ada di sekitar kawasan hutan. Dan yang tak kalah penting adalah menjaga hutan tetap lestari.

Sumber : kompas.tv

Tanggal : 20 November 2020