"Loading..."

Menteri LHK Tinjau Lokasi RHL di Wilayah Perhutani

PEKALONGAN TIMUR, PERHUTANI (01/03/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pekalongan Timur menerima kunjungan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar dalam rangka meninjau lokasi Kegiatan Tanaman Rehabilitasi Hutan & Lahan (RHL) Tahun 2019 di Petak 76-A Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Watukumpul, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Randudongkal, Minggu (28/02).

Siti Nurbaya Bakar menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan momentum awal tahun 2021 untuk secara langsung memonitoring kondisi hutan, kegiatan, peruntukan serta hambatan berkaitan dengan hutan atas arahan dari Presiden RI Joko Widodo. Kegiatan ini juga berkaitan dengan keterlibatan dalam Program Perhutanan Sosial antara lain ijin pemanfaatan hutan, Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan LMDH setempat.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan penanaman pohon dan dilanjut dialog bersama dengan perwakilan LMDH Sido Mulyo dan segenap hadirin. Dalam arahannya, Siti Nurbaya Bakar meminta untuk terus dilaksanakan pendampingan, pengawasan dan perlindungan kepada LMDH baik oleh Kementerian LHK, Perhutani, Polri dan TNI untuk memajukan perekonomian masyarakat sekitar hutan.

Berdasarkan hasil peninjauan kondisi tanaman RHL berupa tanaman kayu afrika di lahan Perhutani KPH Pekalongan Timur tumbuh subur dengan prosentase tumbuh di atas 90%. Menteri LHK memberikan apresiasi positif dan berpesan agar tanaman RHL terus dirawat dengan baik.

Di tempat yang sama, Administratur KPH Pekalongan Timur, Didiet Widhy Hidayat menyambut baik kedatangan Menteri LHK bersama rombongan di wilayah Perhutani KPH Pekalongan Timur. “Dari pertemuan ini, kita bisa mendapatkan inspirasi, informasi, serta arahan guna kemajuan di sektor kehutanan serta menjadi penyemangat para pekerja di sektor kehutanan khususnya di KPH Pekalongan Timur,” ujarnya.

Turut hadir dalam rangkaian kegiatan tersebut, Ketua Komisi IV DPR RI, Kepala BPDAS Pemali-Jratun Provinsi Jawa Tengah, Kepala Divisi Regional Jawa Tengah, Kepala Kepolisian Resort Pekalongan, Kepala Komando Rayon Militer Pekalongan dan perwakilan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sido Mulyo. (Kom-PHT/Pkt/Hwr)

Editor : Ywn
Copyright©2021