"Loading..."

Menteri Pertanian Ikut Tanam Jagung di Kawasan Hutan Perhutani Blitar

BLITAR, PERHUTANI (14/08/2020) | Penanaman perdana jagung di wilayah kawasan hutan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blitar yang dilakukan di petak 40b wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Rejotangan dihadiri oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam rangka kunjungan kerjanya di Kabupaten Blitar pada Kamis (13/8).

Kunjungan kerja Menteri Syahrul Yasin Limpo tersebut diterima oleh Bupati Blitar Rijanto yang didampingi oleh Administratur KPH Blitar Teguh Jati Waluyo. Dalam keterangannya Teguh Jati Waluyo mengatakan bahwa dalam kunjungan Menteri Pertanian di wilayahnya telah memberikan motivasi dan solusi anggota masyarakat Desa Hutan yang sudah terwadai dalam LMDH untuk meningkatkan kebutuhan pangan di Kabupaten Blitar meskipun masih dalam situasi pandemi Covid -19.

Teguh menegaskan bantuan pemerintah menyalurkan hibah benih jagung pada musim tanam bulan September- Oktober 2020 seluas 2.214 hektar atau sebanyak sekitar 33 ton yang akan didistribusikan pada awal bulan September kepada 53 LMDH, “Hal ini untuk mendukung program ketahanan pangan diharapkan memenuhi pasokan kebutuhan jagung,” katanya.

Setelah melakukan penanaman selanjutnya Mentan Syahrul memberikan bantuan berupa alat mesin Pertanian (Alsintan), Pupuk, Benih dan Bantuan Modal melalui KUR Bank BNI dan BRI kepada Petani. Mentan berharap Blitar dapat memback up kepentingan Nasional, “Penanaman jagung hari ini memang dipersiapkan untuk memback up bahan pakan peternakan Nasional,” katanya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Blitar yang cukup baik dalam pengelolaan Pertanian seperti padi, jagung, serta peternakan ayam petelur. Mentan juga berharap selain penghasil telur, Blitar juga dapat mengembangkan ke industri tepung jagung.

“Kabupaten Blitar diharapkan menjadi Pionir sehingga produk yang dihasilkan bisa multi komoditas. (Kom-PHT/Btr/Ag)

Editor : Ywn

Copyright©2020