"Loading..."

Panen Kacang Tanah Melimpah, Petani di Pamarican Ciamis Sumringah

HARAPANRAKYAT.COM (22/3/2020) | Memanfaatkan lahan kosong milik Perum Perhutani, puluhan petani di Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, panen kacang tanah.

Pantauan HR Online, puluhan petani yang menggarap lahan milik Perhutani di Blok Cikotok, Desa Kertahayu, saat ini tengah sumringah lantaran lahan berkebunnya sudah bisa dipanen, sehingga menambah penghasilan mereka.

Oman, salah seorang petani asal Kertahayu, mengaku kalau dirinya bersama puluhan petani lainnya saat ini tengah memanen hasil palawijaannya yang ditanam di lahan Perhutani.

“Alhamdulillah, saat ini kami sedang merasakan kegembiraan lantaran lahan garapan kami ini sudah bisa dipetik hasilnya. Kami di sini menggarap lahan Perhutani (tumpang sari-red), di mana kami menggarap lahan terbuka ini untuk dijadikan ladang palawijaan. Alhamdulillah, sekarang sudah panen kacang untuk tahun kedua,” tutur Oman, saat dijumpai HR Online, di lahan garapannya, Minggu (22/03/2020).

Hal senada dikatakan Juned, petani lainnya yang menggarap lahan Perhutani. Dia juga tengah sumringah karena sudah bisa memanen tanaman palawijanya berupa jagung dan kacang tanah dengan hasil yang melimpah.

“Alhamdulillah, untuk panen kali ini hasilnya lumayan bagus, dan harga juga masih bagus. Untuk kacang tanah basah saat ini masih laku dikisaran 10.000 rupiah per kilogram, dan untuk jagung kemarin juga harganya lumayan, karena kami menjualnya untuk konsumsi. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Perhutani yang telah memberikan izin kepada kami untuk memanfaatkan lahan ini,” ucap Juned.

Sumber : harapanrakyat.com

Tanggal : 22 Maret 2020