"Loading..."

Pantai Sowan Berpotensi Jadi Ekowisata

BLOKTUBAN.COM, TUBAN (1/5) | Kawasan Perhutani di Kabupaten Tuban sejauh ini menyimpan potensi ekowisata. Sebab itu, Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban untuk mengembangkan pariwisata alam yang berada di wilayah Perhutani, yaitu Pantai Sowan.
Seiring dengan dukungan tarsebut, Komisi B meminta izin dan restu ke Direksi Perum Perhutani Pusat di Jakarta, Sabtu (30/4/2016). Dalam kesempatan Kordinasi pengeloloaan wisata alam yang ada di wilayah Perhutani Tuban tersebut ditemui langsung salah satu Direksi, Lis Bahunta.
Jajaran Direksi Perhutani Pusat memberi apresiasi atas itikad mewujudkan gagasan tersebut. Menjadi nilai tambah apabila Pemkab Tuban turut mengembangkan potensi wisata di wilayah Perhutani.
“Silahkan Pantai Sowan di kerjasamakan dengan Pemkab maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Namun harus mengacu pada kesadaran menjaga kebersihan dan keamanan pengunjung, master plan and business plan di bidang ekowisata,” kata Lis Bahunta di Jakarta, Jumat (30/4/2016).
Sementara itu, salah satu anggota Komisi B DPRD Kabupaten Tuban, Warsito mengungkapkan semua yang terlibat dalam pengelolaan wisata di Tuban harus kreatif. Yakni mampu menangkap peluang dan potensi yangg ada.
“Kami (Komisi B DPRD Tuban) mendorong Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) serta instansi terkait untuk menggembangkan potensi wisata alam di wilayah perhutani Tuban. Bahkan, kalau fokus digarap, wisata alam di Tuban tidak kalah dengan daerah-derah yang lain,” kata Warsito kepada blokTuban.com, Minggu (1/5/2016).
Di Jawa Timur, lanjut Warsito sedikitnya terdapat 126 objek wisata yang potensial di wilayah Perhutani. Begitu pula di Tuban banyak potensi wisata alam berpotensi jadi ekowisata atau ekotourism. Salah satunya pantai Sowan yang berada di bawah Kawasan Penguasaan Hutan Jatirogo.[dwi/col]
Tanggal  : 1 Mei 2016
Sumber  : bloktuban.com