"Loading..."

Patroli Hutan, Perhutani Kedu Selatan Ngetrail Bareng Polres Kebumen

KEDU SELATAN, PERHUTANI (13/03/2021) | Dalam rangka menekan gangguan keamanan hutan terutama kebakaran hutan dan lahan mendekati musim kemarau, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan dan Polres Kebumen menggelar patroli bersama memantau wilayah di dalam kawasan hutan khususnya wilayah hutan yang lokasinya sering diakses masyarakat dengan mengendarai motor trail atau “Ngetrail”. Patroli bersama melewati rute hutan di wilayah Karangsambung dan Peniron, Kamis (11/03).

Menyampaikan pesan Administratur KPH Kedu Selatan, Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ari Kurniawan menyampaikan bahwa koordinasi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Kepolisian Resort (Polres), Komando Distrik Militer (Kodim) maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sangatlah penting guna mengantisipasi terjadinya kejadian bencana alam di wilayah Kebumen baik di dalam maupun di luar kawasan.

“Seperti kali ini, patroli dengan konsep trabas menjelajah hutan sebagai bentuk pengawasan hutan sekaligus bentuk sosialisasi langsung kepada masyarakat yang aktif mengakses hutan. Kami ingatkan agar masyarakat juga turut menjaga hutan, hal sepele misalnya tidak membuang puntung rokok sembarangan atau membakar sampah di lokasi dekat hutan karena bisa menimbulkan kebakaran disaat musim kemarau atau berhati-hati jika melewati lokasi rawan longsor disaat curah hujan tinggi,” ujar Ari.

Sejalan dengan Perhutani, Kapolres Kebumen, AKBP Piter Yanottama mendukung sepenuhnya kegiatan positif seperti patroli bersama dengan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

Berbarengan dengan kegiatan patroli hutan, dibagikan juga bantuan sosial berupa paket sembako sebanyak 20 buah untuk pesanggem atau petani hutan dan penyadap yang merupakan masyarakat desa sekitar hutan. Salah seorang pesanggem, Sukirdi mengucapkan terima kasih atas perhatian Perhutani dan berjanji akan selalu turut menjaga hutan. (Kom-PHT/Kds/Ken)

Editor : Ywn
Copyright©2021