"Loading..."

Pembentukan BUMN Kehutanan Direncanakan Bulan ini

Kementerian BUMN memastikan induk usaha (holding) BUMN kehutanan terlebih dahulu terbentuk bila dibandingkan dengan holding BUMN perkebunan. Pembentukan holding BUMN kehutanan lebih mudah pelaksanaannya dengan menggabungkan lima perusahaan, yaitu Perum Perhutani dan PT Inhutani IV.

“Pada April 2012, Peraturan Presiden untuk holding BUMN kehutanan akan keluar,” kata Deputi Menteri BUMN Bidang Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis, Pandu Djayanto, di Jakarta, Jumat. Sementara itu, holding BUMN perkebunan masih membutuhkan sinkronisasi di antara kementerian terkait. “Kami mengharapkan rapat harmonisasi untuk holding BUMN perkebunan segera dilaksanakan,” kata dia.

Deputi Menteri BUMN Bidang Industri Primer, Muhammad Zamkhani, pernah mengungkapkan sulitnya merealisasikan holding BUMN perkebunan karena terkendala dua hal, yaitu persoalan PT RNI Persero dan saham-saham pemerintah di 14 PT PN Persero. “Namun, kita sudah memutuskan untuk tidak memasukkan RNI ke holding BUMN perkebunan,” kata Zamkhani.

KORAN JAKARTA :: 23 April 2012, Hal. 11

Share: