"Loading..."

Pentulu Indah, Destinasi Wisata Geopark Nasional di Hutan Karangsambung Kebumen

KEDU SELATAN, PERHUTANI  (31/12/2019) | Bukit Pentulu Indah yang masuk ke dalam kawasan Geopark Karang Sambung Karang Bolong termasuk salah satu Geopark Nasional di Indonesia.

Administratur Kesatuan Pemangkuan Hutan Kedu Selatan Yudha Suswardhanto, mengatakan bahwa pengembangan kawasan Geopark Karang Sambung Karang Bolong oleh Pemerintah Daerah  menjadi kawasan yang memiliki fungsi konservasi, edukasi serta menunjang peningkatan ekonomi masyarakat desa hutan Karang Sambung  dan sekitarnya.

“Perbukitan Pentulu Indah merupakan bentangan perbukitan batuan purba dengan hamparan pemandangan hutan pinus yang menakjubkan, masuk dalam kawasan hutan Perhutani RPH Karangsambung  BKPH Kebumen.  Terlebih karena statusnya yang khusus maka lokasi wisata ini harus dijaga dan dilestarikan bersama instansi terkait dan masyarakat sekitar agar tidak rusak, ‘ ujarnya.

Sementara itu koordinator wisata wilayah BKPH Kebumen  Wasidi merekomendasikan jika  singgah  di Kebumen agar berkunjung ke Pentulu Indah.

” Jalan dari kota Kebumen ke obyek wisata Pentulu Indah sudah mulus walaupun sedikit berkelok pengunjung bisa melihat indahnya sungai Luk ulo, kendaraan  minibuspun sudah bisa masuk area parkir.  Tiket masuk hanya Rp.5000,- saja, pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Kebumen baik siang maupun malam hari. Pengunjung yang mengajak anak-anak bisa mengenalkan warisan  batuan geologi. Lebih seru lagi jika tiba di Pentulu sebelum matahari terbit karena akan disungguhi dengan pemandangan indahnya sunrise dari ufuk timur,” jelas Wasidi

Pengelola wisata Pentulu Indah, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH ) Sido Makmur  bersama karang taruna Gatra Karsa menyediakan fasilitas berupa tenda-tenda dan home stay untuk berkemah/ bermalam,  Aula pertemuan, gazebo cantik untuk santai, flying fox, rumah-rumah pohon, istana hammock, rumah hobbit untuk swafoto, ATV, motorcross untuk berkeliling menikmati suasana Pentulu. Lokasi juga dilengkapi mushola, toilet serta warung makan.  (Kom-PHT/KDS/Rwi)

Editor : Ywn

Copyright©2019