"Loading..."

Penuh Makna, Perhutani Dijadikan Nama Jalan di Kabupaten Banyumas

KEDU SELATAN, PERHUTANI (26/10/2020) | Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan menerima penghargaan dari warga Desa Bogangin, Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas dengan dijadikan sebagai nama sebuah jalan yang baru dibangun tepatnya di Dukuh Kronjot, Senin (26/10).

Bukan tanpa alasan jalan tersebut akhirnya diberi nama “Perhutani”. Berlokasi di kawasan hutan tepatnya di alur AL Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Bogangin, Bagian Pemangkuan Hutan (BKPH) Gombong Utara, jalan tersebut awalnya dibangun oleh KPH Kedu Selatan bersama masyarakat Dukuh Kronjot antara tahun 1975-1979 untuk menghubungkan rumah dinas Bogangin menuju Dukuh Kronjot. Namun pada tahun 1980, jalan sepanjang 2.200 meter tersebut mulai diperlebar, diaspal dan terus diperbaiki hingga kini mempermudah transportasi warga Dukuh Kronjot, termasuk tenaga pendidik dan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Bogangin, sekaligus mempermudah pengangkutan getah pinus Perhutani sendiri.

Administratur KPH Kedu Selatan, Yudha Suswardhanto melalui Wakilnya Antonie Alfrits Tandayu yang turun langsung ke lapangan melihat Jalan Perhutani mengungkapkan apresiasinya terhadap penamaan jalan baru tersebut. Perhutani KPH Kedu Selatan berharap “Jalan Perhutani” tetap dipelihara agar tidak rusak begitu pula hubungan antara Perhutani dengan masyarakat desa.

“Jalan ini secara tidak langsung dapat meningkat kehidupan ekonomi masyarakat desa hutan karena kemudahan aksesnya. Ini juga merupakan salah satu bukti kedekatan antara Perhutani dengan warga setempat. Perhutani akan selalu membuka pintu kerjasama dan memberikan kesempatan bekerja pada masyarakat desa hutan diantaranya dalam hal sadapan, tanaman, tebangan, kerjasama pengelolaan wisata, dan lain-lain. Namun itu semua tentunya mengikuti aturan yang sudah ditetapkan,” ungkap Antonie.

Salah satu tokoh masyarakat Dukuh Kronjot, Mirto mengatakan,”Puji syukur pada Allah SWT karena dengan dibangunnya jalan ini perekonomian masyarakat Bogangin memang kami rasakan semakin berkembang dan sejahtera. Transportasi maupun pengangkutan hasil bumi pun lebih lancar. Semoga Perhutani semakin jaya.” ujarnya. (Kom-PHT/Kds/Rwi)

Editor : Ywn
Copyright©2020