"Loading..."

Perhutani adakan pelatihan budidaya Lebah Madu di Gunung Arca


SUKABUMI, PERHUTANI (25/04/2018) | Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Sukabumi menyelenggarakan pelatihan lebah madu (Afis cerana) di Gunung Arca pada Selasa (24/04/18). Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka pengembangan budidaya lebah A. cerana melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat  desa sekitar hutan. Selain itu kegiatan ini juga dimaksudkan untuk kegiatan Pra Konferensi Perlebahan Asia (AAA) ke 14 tahun 2018 yang rencananya akan diselenggarakan di Jakarta pada bulan Oktober.
Dalam kegiatan pelatihan tersebut turut hadir beberapa praktisi perlebahan antara lain akademisi yang diwakili Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Padjajaran (Unpad), Asosiasi Perlebahan Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Pemerintah Kabupaten Sukabumi.
Administratur KPH Sukabumi, Asep Dedi Mulyadi dalam sambutanya  menyampaikan pelatihan budidaya lebah merupakan upaya Perhutani KPH Sukabumi untuk menghidupkan kembali usaha produktif lebah madu, serta juga dalam upaya mengembalikan fungsi Gunung Arca sebagai pusat perlebahan di kabupaten Sukabumi.
Menanggapi pernyataan Administratur KPH Sukabumi, Kepala Bidang Ekonomi BAPPEDA  Kabupaten Sukabumi, Jalaludin Muklis menyambut baik kebijakan yang telah dilaksanakan Perhutani dan akan mendukungnya  melalui program kerja pemerintah. Jalaludin menambahkan, “Acara pelatihan yang dilaksanakan Perhutani sesuai dengan program pemerintah yaitu membangun kemandirian masyarakat berbasis ekonomi kerakyatan ”.
Kegiatan pelatihan budidaya lebah madu ini terdiri dari paparan pengenalan budidaya lebah madu oleh Dr. Rika Raffiudin pakar perlebahan dari IPB, teknik budidaya dan pemasaran oleh Asosiasi Perlebahan Indonesia dan praktek lapangan pemindahan koloni lebah oleh Administratur Perhutani KPH Sukabumi serta penanaman secara simbolis pohon Aren Genjah dan Randu Kongo sebagai pakan lebah  di sekitar lokasi pusat perlebahan Gunung Arca.(Komp-PHT/Skb/Tfk).
Editor: Ywn
Copyright©2018