"Loading..."

Perhutani Ajak Masyarakat Desa Hutan Menanam Bersama di Kawasan Lindung, Banjarnegara

KEDU SELATAN, PERHUTANI (04/12/2020) | Meskipun masih berada di tengah pandemi Covid-19, tidak menyurutkan Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan untuk mengajak Masyarakat Desa Hutan (MDH) turut terlibat dalam kegiatan penanaman bersama di kawasan lindung sebagai upaya penghijauan. Diikuti oleh Bhabinkatibmas Polres Banjarnegara, Polsek Susukan dan masyarakat Desa Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, penanaman dilaksanakan di Kawasan Perlindungan Setempat (KPS) petak 4d, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Berta, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Banjarnegara seluas 4 Ha, Rabu (02/12).

Administratur KPH Kedu Selatan, Yudha Susdharwanto pada saat acara menyampaikan himbauannya agar masyarakat ikut serta dalam menjaga kelestarian hutan khususnya di kawasan lindung yang lokasinya berupa lereng atau perbukitan. Hal ini penting sebagai upaya bersama dalam mencegah terjadinya erosi ketika musim hujan datang. Begitu pula ketika saat menanam diharapkan masyarakat dapat menanam dengan jenis tanaman buah buahan dan tetap memperhatikan kelerengan lahan agar kawasan hutan tidak rusak.

Yudha menambahkan penjelasan bahwa di kawasan KPS ini sendiri, Perhutani menanam kurang lebih seribu bibit rimba campur dengan jenis bibit petai, salam, jengkol dan durian, yang hasilnya berupa buah atau daun sehingga dapat dipanen atau dimanfaatkan oleh masyarakat desa sekitar hutan yang nantinya dapat membantu meningkatkan kehidupan masyarakat desa sekitar.

“Masyarakat tetap sejahtera, hutan pun tetap lestari,” tegasnya.

Menanggapi pesan Administratur KPH Kedu Selatan, Kepala Dusun Tiga Gumelem, Sukardjo mengucapkan terima kasih kepada jajaran Perhutani KPH Kedu Selatan karena masyarakatnya diikutsertakan dalam mengelola hutan dan pihaknya berjanji akan terus ikut menjaga hutan demi keberlangsungan hidup bersama. (Kom-PHT/Kds/Ken)

Editor : Ywn
Copyright©2020