"Loading..."

Perhutani akan perkuat industri kayu

SURABAYA (WIN): Perum Perhutani akan terus meningkatkan nilai tambah kayu. Kini, salah satu programnya adalah dengan memperkuat lini industri kayu. “Kita ingin hasil produksi kayu bisa lebih punya nilai, yaitu dengan menjual dalam bentuk jadi,” kata Humas Perhutani Unit II Jawa Timur, Avid Rollick Septiana saat dihubungi whatindonews.com dari Surabaya, Jumat (19/4/13).

Sekarang, Perhutani mampu memproduksi sekitar 1 juta meter kubik kayu jati maupun kayu rimba dalam setiap tahunnya. Dari jumlah yang ada, sebagian besar masih dijual dalam bentuk log dan hanya sebagian kecil yang dijual dalam bentuk kayu olahan. “Tapi ke depan prosentasi kayu olahan akan semakin ditingkatkan,” tuturnya.

Pada tahun 2012 kemarin, Perhutani Unit II Jawa Timur sendiri memproduksi kayu sekitar 450 ribu meter kubik. Namun hanya 23 ribu meter kubik atau sekitar 8% yang diolah. Baik melalui pabrik sendiri maupun kerjasama dengan swasta atau pihak lain. Kemudian sebagian besar sisanya dijual dalam bentuk log. “Sedangkan pendapatan yang dikontribusikan sebesar Rp105 miliar atau 8% dari pendapatan total Perum Perhutani,” ungkapnya.(win9)

Jurnalis : WIN9
Media : whatindonews.com 20 April 2013

Share: