"Loading..."

Perhutani Bagikan Sharing Produksi Hasil Hutan untuk LMDH Pekalongan

PEKALONGAN BARAT,  PERHUTANI (02/07/2020)  |  Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan  (KPH) Pekalongan Barat menyerahkan dana sharing produksi hasil hutan  kepada 83 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH)   bertempat  di  lokasi Wana Wisata Gunung Geulis Learning Center,  Rabu (01/07).

Dana sharing  yang dibagikan sejumlah  hampir Rp 2 Milyar atau tepatnya Rp 1.959.612.000 dari sharing produksi  kayu dan getah pinus. Dana tersebut diserahkan oleh Wakil Administratur KPH Pekalongan Barat Hartanto kepada para wakil LMDH dari  3 kabupaten yaitu Kabupaten Tegal, Pekalongan dan Brebes.

Hartanto mengatakan bahwa  dengan jumlah sharing yang besar ini diharapkan masyarakat sekitar hutan yang tergabung dalam LMDH dapat memanfaatkannya dengan baik.

” Dana segar ini agar digunakan dengan hati-hati  dan untuk mengembangkan usaha produktif LMDH  sehingga diharapkan dapat mandiri sehingga tidak sepenuhnya menggantungkan diri dari hasil hutan kayu maupun non kayu. Misalnya untuk mengembangkan potensi wisata  hutan  atau kopi dengan  tetap memperhatikan asas  kelestarian hutan ”  ujarnya.

Ketua LMDH Damarjati Desa Gununglarang Kecamatan Salem Kabupaten Brebes Rapu Handoyo yang mewakili mengucapkan terima kasih kepada Perum Perhutani KPH Pekalongan Barat atas pembagian sharing  tersebut yang dirasa sangat tepat waktunya ditengah kesulitan ekonomi karena dampak pandemi covid-19. (Kom-PHT/Pkb/W2N)

Editor : Ywn

Copyright©2020