"Loading..."

Perhutani Bahas Pengelolaan Kawasan Kepada Kelompok Tani Hutan Pemegang SK IPHPS

PEMALANG, PERHUTANI (21/10/2020) | Perhutani  Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pemalang bertempat di kantor Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Cipero melaksanakan Rapat Koordinasi dengan Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) pemegang Ijin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS) di wilayah KPH Pemalang. Rapat koordinasi membahas tentang pengelolaan dan pemanfaatan kawasan di lokasi IPHPS sesuai dengan Rencana Pengelolaan Hutan (RPH) dan pengoptimalan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) yang dibentuk sesuai Surat Keputusan (SK), Rabu (21/10).

Hadir dalam acara Kepala Sub Seksi (KSS) Komunikasi Perusahaan dan Pelaporan Eko Satoto, Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Cipero Zaenail Abidin, Ketua KTH Gunung Gajah Lestari Kusnendar, Ketua KTH Geralang Asri Jaya Ali Arianto.

Menyampaikan pesan Administratur KPH Pemalang, Akhmad Taufik, KSS Komunikasi Perusahaan dan Pelaporan Eko Satoto menyampaikan bahwa Perhutani KPH Pemalang sangat mendukung program RPH di masing-masing KTH pemegang SK IPHPS baik rencana jangka pendek maupun jangka panjang untuk mendapatkan manfaat bagi KTH maupun masyarakat penggarap di lokasi IPHPS.

“Kita kawal bersama program RPH KTH tahun 2021 dan pemberdayaan KUPS yang sudah terbentuk sehingga kesejahteraan masyarakat terwujud dan kelestarian hutan tetap terjaga,” tuturnya.

Ketua KTH Geralang Asri Jaya, Ali Ariyanto mewakili KTH pemegang SK IPHPS menyambut baik rapat koordinasi ini dan mengharapkan dukungan dari Perhutani KPH Pemalang agar program Perhutanan Sosial (PS) dapat terealisasi dengan baik.

“Kami telah menyusun rencana pengelolaan hutan dalam jangka pendek untuk tahun 2021 dengan membuat demplot di wilayah KTH Geralan Asri Jaya seluas 10 Ha dan KTH Gunung Gajah Lestari seluas 10 Ha. Kedua lokasi tersebut sudah disurvei bersama dengan Kepala BKPH Cipero Zainal Abidin dan akan ditanami dengan tanaman keras Jenis Jati Solomon, mangga, petai dan nangka,” ujarnya. (Kom-PHT/Pml/Eko)

Editor : Ywn
Copyright©2020