"Loading..."

Perhutani Balapulang Siapkan Pakan Ternak untuk 2500 Kambing

Dok.Kom PHT/Humasblp @2014

Dok.Kom PHT/Humasblp @2014

Balapulang-Perhutani (25/8) | Perhutani Balapulang siapkan Hijauan Makanann Ternak (HMT) seluas 4 Hektar pada tanaman tahun 2000 untuk 2500 kambing di Hutan Pangkuan Desa Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mekar Jati Desa Randegan Kecamatan Losari Kabupaten Brebes.
Administratur Perhutani Balapulang Divre Jateng, Isnin Soiban mengajak LMDH untuk selalu aktif berinteraksi dengan hutan,” berkomunikasilah dengan pak mandor, pak mantri serta petugas penyuluh pertanian kecamatan, sampaikan permasalahan yang ada, semisal tanaman palawija terkena hama,. Yang penting tanaman pokok Perhutani tumbuh baik, petani juga bisa menuai hasil panen yang maksimal.

“Di lokasi ini ada tanaman sengon SILIN yang rencananya umur lima tahun bisa panen, nantinya LMDH Mekar Jaya bisa mendapatkan hak sharing 25 persen dari hasil tebangan” tambahnya.

Sekdes Desa Randegan Kecamatan Losari- brebes Sunarto mengaku masyarakat diwilayah tersebut sangan terbantu dengan adanya HMT yang ditanam dibawah tegakan hutan Perhutani, terutama anggota LMDH Mekar Jaya yang tidak usah jauh mencari rumput untuk mencukupi ternaknya.

”Ini terobosan pak Mantri dan LMDH yang baru saya jumpai, masyarakat akan terus memanen rumput setiap hari, sebab setelah rumput di ambil langsung di pupuk dengan pupuk kandang yang juga dari kotoran ternak, jadi bisa tumbuh lagi tanpa membeli pupuk kimia, dan kami berterimakasih kepada KPH Balapulang karena warga kami bisa menanam padi, Palawija dan melon di sela tanaman muda, selama dua tahun warga kami sangat terbantu dari tumpangsari tanaman di lokasi tersebut” Lanjutnya. (Hms Bpl/Djuli.K)

Editor : Dadang K Rizal
@copyright 2014

Share: