"Loading..."

Perhutani Bekali Keterampilan Pembuatan Tanaman Hidroponik Kepada Saka Wanabakti di Jombang

JOMBANG, PERHUTANI (13/10/2020) | Pramuka Saka Wanabakti binaan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jombang melakukan praktek pembuatan tanaman hidroponik untuk menambah bekal ketrampilan anggotanya yang dilaksanakan di rumah hidroponik Rusdianto Desa Kepuh Kembeng, Jombang, Senin (12/10).

Dalam kegiatan tersebut dipraktekkan cara pembenihan, penanaman, pemupukan, perawatan dan cara membuat wadah dari barang bekas untuk menanam hingga cara pemanenannya. Pemilik rumah hidroponik Rusdianto yang juga sebagai Pembina Pramuka dari Perencanaan Hutan Wilayah (PHW) III Jombang menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut untuk meningkatkan ketrampilan anggota Saka Wanabakti.

“Dalam kegiatan ini kami mengenalkan cara bertani sayuran dengan sistem hidroponik baik dengan media air maupun dengan cara membuat dari limbah bekas minuman mineral untuk pot tempat menanam. Diharapkan anggota Saka Wanabakti nantinya termotivasi dapat membuat di rumah sendiri, karena hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas,” terangnya.

Administratur KPH Jombang melalui Kepala Sub Seksi Komunikasi Perusahaan Sugiono selaku Pamong Saka Wanabakti Jombang menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kreativitas anggota Saka Wanabakti sebagai bekal untuk mereka berkarya. “Jika mereka berhasil mengembangkan cara bertani sayuran tanaman hidroponik, hasilnya bisa dijual untuk menambah penghasilan,” ujarnya.

Sementara Nova salah satu peserta yang mengikuti kegiatan praktek tersebut sangat berterima kasih kepada Perhutani yang telah memfasilitasi dan mendukung kegiatan praktek pelatihan cara bertani sistem hidroponik tersebut. “Pelatihan ini sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan kami sebagai bekal nanti untuk dapat membuat tanaman hidroponik secara mandiri,” katanya. (Kom-PHT/Jbg/Gn)

Editor : Ywn

Copyright©2020