"Loading..."

Perhutani Beri Bantuan 1.400 Bibit Tanaman Kepada LMDH di Tasikmalaya

TASIKMALAYA, PERHUTANI (29/12/2020) | Di penghujung tahun 2020, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya memberikan bantuan bibit sebanyak 1.400 plances dari program Bina Lingkungan (BL) tahun 2020 dengan jenis tanaman manglid, durian, rambutan, manggis, dan petai kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wargi Jaya dan LMDH Sarongge masing-masing 700 plances, Selasa (29/12). Selanjunya pada kesempatan tersebut juga dilakukan penanaman bersama di luar kawasan hutan tepatnya di kampung Anaka dan Warungpeyem.

Penyerahan bibit diberikan langsung oleh Administratur KPH Tasikmalaya Benny Suko Triatmoko, yang juga dihadiri oleh masing-masing Pemerintah Desa setempat dan perwakilan dari Kecamatan, berempat di kampung Anaka.

Administratur KPH Tasikmaya, Benny Suko Triatmoko menyampaikan, bantuan bibit tanaman dari program Bina Lingkungan tersebut merupakan bukti nyata dan bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat sekitar hutan yang tergabung dalam LMDH yang juga mitra Perhutani dengan harapan masyarakat lebih peduli pada kelestarian alam di daerahnya masing-masing.

“Terpenting adalah setelah penanaman, pohon hendaknya dipelihara sehingga tumbuh dengan baik dan bermanfaat bagi lingkungan. Alam yang ditumbuhi pohon-pohon selain menjadi penyedia oksigen bagi makhluk hidup juga berfungsi untuk mencegah erosi, tempat resapan air, dan menjaga udara dari polusi.” ungkap Benny.

Mewakili penerima bantuan, Kepala Kelurahan Urug, Iwan Setiawan menyampaikan terima kasih kepada Perhutani yang telah memberikan bantuan bibit untuk ditanam di wilayahnya.

“Tanaman ini akan menambah tutupan lahan guna mencegah terjadinya erosi, kekeringan, konservasi keanekaragaman hayati, penyerapan karbon dioksida, antisipasi dampak perubahan iklim, dan ketersediaan resapan air untuk kesejahteraan masyarakat. Kedepannya, tanaman buah-buahan dapat menjadi daya tarik wisata wilayah Urug, Kota Tasikmalaya. Terima kasih, Perhutani.” ungkapnya. (Kom-PHT/Tsk/AJb)

Editor : Ywn

Copyright©2020