"Loading..."

Perhutani Beri Bantuan Dana untuk Pengolahan Kopi LMDH

KENDAL, PERHUTANI (23/01/2019) | Kepala Seksi Madya SDM, Keuangan dan Umum Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kendal, Hari Purwanto menyerahkan bantuan dana senilai 18 juta rupiah kepada LMDH Rimba Jaya Desa Kedungsari Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal, di Kantor Asper/KBKPH Boja, Rabu (23/1).

Pemberian bantuan dana tersebut bertujuan untuk membeli alat produksi berupa alat sangrai dan pembubuk kopi guna meningkatkan usaha produktif pengolahan kopi yang dilakukan oleh anggota LMDH Rimba Jaya Desa Kedungsari. Bantuan dana diterima langsung oleh Baderi, selaku ketua kelompok usaha.

Administratur KPH Kendal, Herdian Suhartono berharap dengan diberikanya bantuan dana untuk pembelian alat sangrai dan pembubukan kopi tersebut dapat meningkatkan produktifitas pengolahan kopi dari bahan baku menjadi barang jadi.

“Perhutani sangat peduli kepada mitra maupun masyarakat desa disekitar hutan yang akan mengembangkan usaha produktif sebagai usaha membuka lowongan pekerjaan serta mengentaskan kemiskinan maka dihimbau kepada semua lapisan masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian hutan dan selalu bekerjasama dengan Perhutani”, ujarnya.

Usaha tersebut berawal dari pembudidayaan tanaman kopi di bawah tegakan pohon jati di wilayah Ngareanak, Kendal. Seiring dengan meningkatnya komoditas kopi maka oleh Baderi dikembangkan dari bahan baku biji diolah menjadi bahan siap saji berupa bubuk kopi yang dikemas dari berbagai ukuran dan diberi label kopi Jati Sari dengan harapan dapat lebih menambah nilai jual sekaligus menambah pendapatan para anggota.(Kom-Pht/Knd/Myk)

 
Editor : Ywn
Copyright©2019