"Loading..."

Perhutani Berikan Bimtek Budidaya Tanaman Porang Kepada LMDH di Kangean Madura

MADURA, PERHUTANI (8/2/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madura berikan bimbingan teknis (Bimtek) budidaya tanaman porang dibawah tegakan kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di Pulau Kangean bertempat di petak 23c Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sawah Sumur, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kangean Barat, Senin (8/2).

Administratur Pehutani KPH Madura melalui Asisten Perhutani (Asper) BKPH Kangean Barat Marinus mengatakan, bahwa kegiatan tersebut dilakukan sambil menunggu proses Surat Keputusan (SK) Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Menurutnya budidaya tanaman porang akan menguntungkan dan bisa menambah penghasilan masyarakat setempat. “Ada sekitar 17,50 hektar lahan Perhutani yang sudah ditanami porang oleh LMDH Wana Jaya dan LMDH Cinta Lingkungan sebagai pilot project. Harapannya dengan adanya budidaya tanaman porang ini bisa menurunkan pencurian pohon di kawasan tersebut, karena beralih ke tanaman porang yang hasil panennya sangat menjanjikan,” ungkapnya.

Di tempat yang sama Ketua LMDH Wana Jaya Fathorahman mewakili LMDH yang hadir menyampaikan terima kasih kepada Perhutani dengan mengajak kerjasama budidaya tanaman porang di wilayahnya. “Kami berharap LMDH yang lain juga bisa mengikutinya, karena budidaya porang ini sangat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar hutan, dirinya berjanji bersama LMDH yang lain akan menjaga kelestarian dan keamanan hutan,” jelasnya. (Kom-PHT/Mdr/Mbl)

Editor : Ywn

Copyright©2021