"Loading..."

Perhutani Berikan Pelatihan Pembuatan Kompos Kepada LMDH di Jatirogo

JATIROGO, PERHUTANI (23/12/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jatirogo memberikan pelatihan pembuatan pupuk kompos kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) mitra binaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dan anggota Pramuka Saka Wanabakti Jatirogo bertempat di lokasi persemaian Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Bahoro, Desa Sadang, Jatirogo, Rabu (23/12).

Administratur KPH Jatirogo melalui Wakilnya Erawan Bintoro Aji mengatakan bahwa saat ini pengadaan pupuk sangat sulit dan langka sehingga pihaknya berinisiatif untuk mengadakan pelatihan pembuatan pupuk kompos pengganti pupuk kimia bersubsidi yang saat ini mengalami kelangkaan.

Menurutnya pelatihan tersebut selain diikuti oleh 16 orang Ketua LMDH di wilayah KPH Jatirogo, ia juga mengikutsertakan 9 orang mitra binaan PKBL dan 6 anggota Pramuka Saka Wanabakti, “Harapannya agar peserta yang mengikuti pelatihan nantinya dapat membuat sendiri pupuk kompos,” kata Erawan.

Usai memberikan arahan, kegiatan dilanjutkan praktek pembuatan pupuk kompos oleh Tarsimin selaku Kepala BKPH Bahoro dan Sarpan selaku Penyuluh Kehutanan Kecamatan Jatirogo. Menurut Tarsimin proses pembuatan kompos mudah dilakukan, dengan bahan-bahan yang perlu disiapkan diantaranya pupuk kandang, arang sekam, bekatul, EM4. “Cara pembuatannya, bahan tersebut dicampur dengan perbandingan 3 kuintal pupuk kandang, 1 kuintal arang sekam dan 1/2 kuintal bekatul kemudian diberi cairan EM4, selanjutnya diaduk hingga merata. Setelah diaduk merata kemudian ditutup lagi dan dibiarkan selama 1 minggu,” paparnya.

Ketua LMDH Sido Makmur Sutji usai mengikuti pelatihan tersebut mengatakan, “Saya sangat berterima kasih atas pelaksanaan pelatihan ini. “Saya akan tularkan ilmu ini kepada anggota LMDH yang lain dengan harapan nantinya mereka bisa mempraktekkan pembuatan kompos sehingga tidak tergantung lagi pada produsen pupuk,” katanya. (Kom-PHT/Jtr/Gn)

Editor : Ywn

Copyright©2020