"Loading..."

Perhutani Berikan Pemahaman Konservasi SDA Pada Peserta Diklatsar Mapala di Pamekasan

MADURA, PERHUTANI (19/11/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madura menjadi narasumber pada acara pelatihan Konservasi Sumber Daya Alam dan Hutan dalam rangka Pendidikan Dasar (Diklatsar) ke XX Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Madura (Unira) yang diikuti  oleh 75 orang anggota baru Mapala, bertempat  di aula Rektorat Unira di Pamekasan (19/11).

Perhutani KPH Madura menugaskan dua orang narasumber yakni Kepala Seksi Pengelolaan Sumber Daya Hutan (Kasi PSDH) Munawar Sukowati dan Kepala Seksi Perencanaan Pengembangan Bisnis (Kasi PBB) Sumanto.

Dalam paparannya Munawar Sukowati menyampaikan, bahwa sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan dan keberlangsungan hidup manusia dan unsur-unsur hayati di alam yang terdiri dari sumber daya alam nabati (tumbuhan) dan sumber daya alam hewani (satwa) yang bersama dengan unsur non hayati di sekitarnya secara keseluruhan membentuk ekosistem.

Menurut  Munawar, secara umum sumber daya alam dapat dipahami sebagai segala sesuatu dari alam yang bisa digunakan manusia untuk membantu memenuhi kebutuhannya. Ia juga menjelaskan, bahwa sumber daya alam itu dibagi menjadi dua kategori yakni sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable resources) dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (non renewable resources).

“Sumber daya alam yang dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang jika persediaannya telah berkurang atau habis, akan dapat diproduksi kembali dalam jangka waktu relatif singkat. Produksi tersebut dapat dilakukan secara alami maupun dengan bantuan (rekayasa) manusia,” imbuh Munawar.

Kegiatan pelatihan yang mengambil tema, ‘Mencetak generasi tangguh, berproses tanpa protes dan aktualisasi dalam solidaritas Mapala Unira’, tersebut dihadiri juga oleh Wakil dari Unira yakni  Kepala Biro Kemahasiswaan Akhmarul Fajar dan alumni Mapala Unira. Dalam kesempatan itu Akhmarul Fajar ikut menyampaikan, bahwa dengan diadakannya kegiatan ini dapat membedah dan memberikan pemahaman bersama tekait persoalan sumber daya alam dan hutan, peran dan keterlibatan semua pihak dalam mendorong lahirnya kebijakan yang adil dan berkelanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan hutan. (Kom-PHT/Mdr/Mbl)

Editor : Ywn

Copyright©2020