"Loading..."

Perhutani Berpartisipasi Tanam Akar Wangi di Madiun

MADIUN, PERHUTANI (23/3/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madiun ikut berpartisipasi dalam penanaman tanaman akar wangi bertempat di lahan tanah Desa Cermo seluas 1 hektar di Kecamatan Kare Kabupaten Madiun, Senin (22/3).

Kegiatan penanaman akar wangi tersebut juga diikuti jajaran Pemerintahan Kabupaten Madiun antara lain, Dinas Lingkungan Hidup, Perum Jasa Tirta, BPBD Kabupaten Madiun, Forkopimcam Kare, Kepala Desa Se-Kecamatan Kare dan Perhutani KPH Madiun, KPH Lawu Ds dan KPH Saradan.

Administratur Perhutani KPH Madiun Imam Suyuti menyampaikan himbauan kepada masyarakat Desa Hutan (MDH) dan masyarakat umum untuk berperan aktif dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan sadar lingkungan. Menurut Imam dengan melakukan penanaman, diharapkan bisa meminimalisir terjadinya bencana alam dalam kawasan hutan maupun luar kawasan hutan.

“Tanaman akar wangi sebagai solusi pencegahan bencana, karena merupakan jenis tanaman yang tergolong family graminiea berumpun lebat dengan akar tinggal bercabang banyak dan berwarna kuning pucat atau abu-abu sampai dengan merah tua, bisa disebut dengan tanaman perawat tanah yang kurang subur,” terangnya.

Sementara itu dalam sambutannya Muhamad Zahrowi selaku Kepala BPBD Kabupaten Madiun menyampaikan, bahwa kegiatan tanam bersama tanaman akar wangi dilaksanakan sebagai bentuk antisipasi terhadap potensi bencana alam banjir dan tanah longsor yang kemungkinan terjadi di wilayah kawasan hutan dan di luar kawasan hutan, “Sehingga dengan penanaman ini kemungkinan terjadi bencana bisa diminimalisir,” ujarnya. (Kom/PHT/Mdn/Yd)

Editor : Ywn

Copyright©2021