"Loading..."

Perhutani Bersama 5 LMDH Tandatangani PKS Sadapan Karet di Pemalang

PEMALANG, PERHUTANI (23/10/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pemalang bertempat di Wisata Waduk Cacaban, Kabupaten Tegal melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Sadapan Karet dengan 5 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), Kamis (22/10).

Lokasi petak tanaman karet yang dikerjasamakan berada di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Wrayan, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Jatinegara seluas 77 Ha yaitu petak 114g, 120f, 120f2, 120g, 124b1 masuk wilayah pangkuan LMDH Wana Lestari dan LMDH Sumber Panguripan Desa Capar, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal.

Sedangkan di RPH Winong, BKPH Jatinegara terdapat tanaman karet seluas 81,1 Ha di petak 68a, 55a, 53b pangkuan LMDH Wanagalih Desa Wotgalih, LMDH Ngudi Rejeki Desa Penujah dan LMDH Gemi Lestari Desa Karanganyar Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal.

Hadir dan menandatangani PKS, Administratur KPH Pemalang Akhmad Taufik, Ketua LMDH Wanagalih Desa Wotgalih Ratono, Ketua LMDH Wana Lestari Desa Lebakwangi Basir, Ketua LMDH Sumber Panguripan Desa Capar Darsono, Ketua LMDH Ngudi Rejeki Desa Penujah Sudarsono, dan Ketua LMDH Gemi Lestari Desa Karanganyar Jabar.

Administratur KPH Pemalang, Akhmad Taufik menyampaikan bahwa Perhutani KPH Pemalang selaku pemangku wilayah yang diamanahi negara untuk mengelola kawasan hutan mengajak pengurus LMDH untuk mengoptimalkan sadapan getah karet yang ada dalam wilayah pangkuan LMDH masing-masing. Langkah ini diupayakan dengan tujuan agar LMDH sebagai mitra Perhutani dapat menerima manfaat dari hasil produksi sadapan getah karet sehingga dapat pula meningkatkan pendapatan dari produksi getah karet.

Hal ini direspon baik oleh pihak LMDH yang hadir dalam acara sosialisasi dan penandatanganan PKS sadapan getah karet. Ketua LMDH Ngudi Rejeki, Sudarsono mewakili 5 LMDH yang hadir mengucapkan terima kasih kepada pihak Perhutani yang telah mempercayai pihaknya sehingga dapat terlaksana penandatanganan PKS Sadapan Getah Karet ini.

“Semoga Allah SWT selalu bersama kita dalam mewujudkan hutan lestari masyarakat sejahtera. Terima kasih Perhutani telah bersedia bekerjasama dengan masyarakat desa hutan.“ pungkasnya. (Kom-PHT/Pml/Eko)

Editor : Ywn
Copyright©2020