"Loading..."

Perhutani Bersama Alumni IPB Menanam Pohon Di Wisata Situ Dewa Dewi Sukabumi

SUKABUMI, PERHUTANI (01/02/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Sukabumi bersama Alumni Fakultas Kehutanan E.27 Institut Pertanian Bogor (IPB) melaksanakan kegiatan penanaman pohon, bertempat di lokasi Wisata Alam Situ Dewa Dewi, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cikembar, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Cikawung pada Sabtu (30/01).

Hadir dalam acara tersebut Administratur KPH Sukabumi, Asep Setiawan, Ketua Umum Himpunan Alumni Fakultas IPB sekaligus Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Dirjen PSKL KLHK), Bambang Supriyanto, Ketua angkatan E.27 IPB, Apep serta Pengurus dan anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sejahtera Desa Tanjungsari.

Dalam kesempatan tersebut Administratur KPH Sukabumi, Asep Setiawan yang sekaligus alumni E.27 menyampaikan bahwa sesuai dengan lokasi acara penanaman kali ini dipilih jenis tanaman multifungsi diantaranya Jambu dan Kersen sebanyak 127 plances.

“Penanaman jenis multifungsi diharapkan tidak hanya sebagai upaya untuk kegiatan konservasi saja tetapi juga untuk meningkatkan nilai estetika wisata Situ Dewi Dewi, selain itu tanaman Kersen bermanfaat untuk menjadi pakan burung yang ada dilokasi wisata,” jelasnya.

Ia menambahkan selain melakukan acara penanaman, alumni E.27 juga membuat Tugu Menhir yang diharapkan akan lebih memperindah lokasi wisata, dan kegiatan tersebut juga dilaksanakan dalam rangka membangun kerjasama dengan masyarakat skema kemitraan kehutanan.

Dirjen PSKL KLHK, Bambang Supriyanto pada kesempatan tersebut sangat mengapreasiasi kegiatan kolaborasi penanaman yang dilaksanakan alumni E.27, Perhutani serta kelompok masyarakat desa hutan.

“Upaya penanaman ini dilakukan untuk meningkatkan nilai keindahan wisata Situ Dewa Dewi, dengan harapan akan semakin banyak dikunjungi,” ujarnya. (Kom-PHT/Skb/Tfk).

Editor : Ywn

Copyright©2021