"Loading..."

Perhutani Bersama BPBD Banyuwangi Adakan Mitigasi Bencana Banjir

BANYUWANGI UTARA, PERHUTANI (24/3/2021)  | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Utara Bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi mengadakan mitigasi bencana alam dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan bertempat dipetak 67l wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Selogiri, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ketapang yang secara administratif masuk Dusun Selogiri Desa Ketapan Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi, Rabu (24/3).

Hadir dalam Acara tersebut Wakil Administratur KPH Banyuwangi Utara Ririt Budi Sasyono, Kapolsek Kalipuro Hadi Waluyo, Danramil Kalipuro Guntur, Camat Kalipuro Hengki Suhartono, perwakilan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Banyuwangi Diana Fatmawanita dan Kepala Logistik BPBD Banyuwangi Suratmadi.

Mewakili Administratur KPH Banyuwangi Utara Ririt Budi Sasyono menyampaikan, bahwa terjadinya bencana baik itu banjir, tanah longsor dan kebakaran hutan dan lahan disebabkan karena faktor cuaca dan alam, “Namun juga bisa disebabkan kesalahan manusia seperti perusakan hutan, penebangan liar, serta pembakaran lahan,” katanya.

Menurutnya Perhutani bersama-sama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), CDK, BPBD Kabupaten Banyuwangi, mengadakan mitigasi bencana sebagai upaya untuk mengurangi resiko bencana yang akan ditimbulkan kedepannya.

“Mitigasi tersebut¬† dilakukan dengan menyusuri sungai dan menghitung daya tampung air serta membersihkan ranting-ranting pohon dan kotoran di aliran sungai yang bisa menyebabkan penyumbatan aliran sungai,” tambah Ririt.

Sementara Kepala BPBD Banyuwangi melalui Kepala Seksi Logistik Suratmadi pada kesempatan itu memberikan sosialisasi dan bimbingan melakukan mitigasi bencana alam baik yang di lakukan di aliran sungai dan kawasan hutan yang dimaksudkan untuk pencegahan bencana alam banjir, tanah longsor serta kebakaran hutan dan lahan.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan mitigasi di sungai yang ada di Dusun Selogiri sepanjang delapan kilometer dengan memotong dahan dan batang kayu yang menghalangi aliran sungai serta membuang kotoran yang menyumbat sungai. (Kom-PHT/Bwu/JY)

Editor : Ywn

Copyright©2021