"Loading..."

Perhutani Bersama BPBD dan CDK X Antisipasi Karhutla di Bayat Klaten

SEMARANG, PERHUTANI (07/07/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta mengikuti sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan bertempat di gedung pertemuan Desa Wiro Kecamatan Bayat, Selasa (07/07).

Hadir pada acara tersebut Kepala BPBD Kabupaten Klaten Sip Anwar, Kepala Cabang Dinas Kehutanan wilayah X  Misbah M.,  Seksi Damkar Klaten, Forkompinca Bayat, Masyarakat Peduli Api dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan Jati Kusumo. Perhutani menghadirkan Kepala Resort Pemangkuan Hutan Cawas beserta jajaran Polisi Hutan Teritorial dan Regu Polisi Hutan Mobil.

Sip Anwar menyampaikan bahwa untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan agar tidak terjadi perlu diadakan acara sosialisasi dan simulasi penanganan karhutla.

“Sosialisasi dan koordinasi seluruh komponen masyarakat harus digencarkan sehingga kewaspadaan dan tanggap terhadap bahaya karhutla sudah dipersiapkan sejak awal,” ujar Sip Anwar.

Wakil Administratur KPH Surakarta Susilo Winardi memberikan keterangan di tempat terpisah, bahwa keikutsertaan Perhutani dalam acara tersebut sangat penting mengingat  hamparan  hutan Perhutani di wilayah Kecamatan Bayat seluas 582,1 hektar dan Perhutani menjadi tuan rumah simulasi pemadaman kebakaran  pada acara tersebut.

“Diperlukan kerjasama dengan seluruh stake holder untuk menjaga hutan  Perhutani seluas hampir 600 hektar   dan untuk mencegah terjadinya kebakaran di hutan maupun lahan sekitarnya di wilayah tersebut,” jelas Susilo.

Acara sosialisasi diakhiri dengan simulasi pemadaman kebakaran di hutan petak 92 e RPH Cawas Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Wonogiri. ( Kom-Pht/DivJateng/ldk)

Editor : Ywn

Copyright©2020