"Loading..."

Perhutani Bersama BPP Pemalang Serahkan Kartu Tani Kepada LMDH

PEMALANG, PERHUTANI (13/11/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pemalang bertempat di kantor Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Slarang melaksanakan Penyerahan Kartu Tani kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di wilayah Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang,  Jumat (12/11).

Kartu tani diserahkan kepada 3 LMDH secara simbolis oleh Administratur KPH Pemalang, Akhmad Taufik kepada ketua LMDH Suka Rimba, Suranto, ketua LMDH Lestari, Sukarno dan ketua LMDH Wana Jaya, Tangi, dengan disaksikan Kepala BPP Kecamatan Pemalang, Samhudi.

Dalam kesempatannya Administratur KPH Pemalang, Akhmad Taufik menyampaikan bahwa Perhutani KPH Pemalang bersama BPP Kecamatan Pemalang memfasilitasi para penggarap didalam kawasan hutan yang legal guna memperlancar program ketahanan pangan Nasional. Diawali dengan menghimpun data pengarap dalam kawasan hutan yang sudah terdaftar sebagai Calon Penggarap Calon Lahan (CPCL) untuk mendapatkan bantuan benih jagung, selanjutnya disusunlah Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) yang didalamnya menyebutkan kebutuhan pupuk bersubsidi dengan mendapatkan kartu tani.

“Diharapkan para penggarap lahan dalam kawasan hutan yang tergabung dalam anggota LMDH, sedapatnya tidak kesulitan dalam pembelian pupuk bersubsidi dengan adanya kartu tani ini,“ tuturnya.

Kepala BPP Kecamatan Pemalang, Samhudi menyampaikan bahwa Program Ketahanan Pangan Nasional di wilayah kerja BPP Kecamatan Pemalang sesuai data yang terhimpun seluas 734 Ha. dengan penggarap lahan kawasan hutan legal sebanyak 535 orang.

“Diharapkan para penggarap lahan kawasan hutan dengan kebutuhan akan pupuk bersubsidi tahun anggaran 2021 dapat tercukupi untuk pemupukan tanaman jagungnya, nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,“ ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua LMDH Suka Rimba, Suranto mewakili para penggarap lahan kawasan hutan dan ketua LMDH mengucapkan banyak terima kasih kepada Perhutani KPH Pemalang dan BPP Kecamatan Pemalang dengan diserahkannya Kartu Tani sehingga mereka mendapatkan kemudahan dalam pupuk bersubsidi untuk musim tanam 2021. (Kom-PHT/Pml/Eko)

Editor : Ywn

Copyright©2020