"Loading..."

Perhutani bersama CDK Madiun Adakan Pembinaan Pengembangan Usaha Bagi LMDH

SARADAN, PERHUTANI (11/3/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan bersama Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah Kabupaten Madiun dan Lembaga Studi Ekosistem Hutan (LeSEHan) melakukan kegiatan pembinaan pengembangan usaha program Perhutanan Sosial (PS) kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) bertempat di Rest Area Randu Dampit Desa Durenan Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun, Kamis (11/3).

Kegiatan tersebut dilakukan guna percepatan implementasi program Perhutanan Sosial di wilayah Perhutani KPH Saradan agar LMDH sebagai mitra kerja Perhutani mampu menjadi sebuah Kelompok Usaha Perhutanan Sosial Mandiri di Kabupaten Madiun.

Mewakili Administratur KPH Saradan, Sunardi selaku Kepala Seksi Kelola Sumber Daya Hutan (SDH) dan Perhutanan Sosial mengatakan, “Kegiatan ini merupakan upaya bersama dalam mensukseskan program Perhutanan Sosial yang sasarannya adalah masyarakat sekitar hutan, dengan harapan masyarakat dapat memanfaatkan peluang usaha dengan mengoptimalkan pemanfaatan lahan dibawah tegakan (PLDT) sehingga mampu memberikan nilai tambah pendapatan masyarakat dengan tidak mengesampingkan kelestarian hutan,” katanya.

Mengutip pesan Administratur Perhutani KPH Saradan, Sunardi mengatakan bahwa pihaknya akan terus bersinergi dengan berbagai pihak untuk mendukung program Perhutanan Sosial agar bisa mencapai tujuan.  “Kegiatan pembinaan LMDH ini akan dilakukan secara berkelanjutan di wilayah kerja KPH Saradan dengan melibatkan pihak yang berkepentingan dengan harapan mampu menjadikan hutan lestari dan masyarakat sejahtera sesuai tujuan Perhutanan Sosial,” terangnya.

Sementara itu Kepala CDK wilayah Kabupaten Madiun Didik Susanto menjelaskan, bahwa peningkatan kesejahteraan masyarakat merupakan tujuan Perhutanan Sosial dan perlu adanya kerjasama para pihak untuk percepatan implementasinya.

“Suksesnya program Perhutanan Sosial ini merupakan sebuah harapan besar agar masalah sosial masyarakat dan lingkungannya bisa terselesaikan, kami akan membantu dan memfasilitasi program PS di Kabupaten Madiun agar bisa berjalan lancar,” kata Didi. (Kom-PHT/Srd/Wdy)

Editor : Ywn

Copyright©2021