"Loading..."

Perhutani Bersama CDK Madiun Bangun Sinergitas Percepatan Program Perhutanan Sosial

SARADAN, PERHUTANI (30/3/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan bersama Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah Madiun dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) bertekad akan mendukung percepatan pelaksanaan program Perhutanan Sosial di wilayah CDK Wilayah Madiun, hal tersebut diungkap dalam rapat Koordinasi Pelaksanaan Perhutanan Sosial di kantor CDK Madiun, Selasa (30/3).

Rapat tersebut dihadiri oleh Kepala Seksi Kelola Sumber Daya Hutan dan Perhutanan Sosial Sunardi yang mewakili Administratur KPH Saradan, Kepala Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah Madiun Didik Susanto, Kepala Seksi Tata Kelola Bidang Kehutanan CDK Madiun Endah, Koordinator Penyuluh Kehutanan Mujianto, Pendamping Perhutanan Sosial KPH Saradan Jumanto dan Muhtiyar Ilham dan 6 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) wilayah Kabupaten Madiun.

Administratur KPH Saradan melalui Kasi Kelola Sumber Daya Hutan dan Perhutanan Sosial Sunardi dalam paparannya menyampaikan tentang pelaksanaan tahapan pasca terbit SK sangatlah penting dalam menjadikan kelompok usaha mandiri. Menurutnya pembentukan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) menyesuaikan identifikasi usaha yang ada, “Penyusunan RKU/RKT perlu difasilitasi stakeholder guna memastikan usaha yang dilakukan sesuai dengan yang direncanakan KUPS,” terangnya

Kepala CDK Madiun Didik Susanto mengatakan, bahwa dalam rangka pengoptimalan program Perhutanan Sosial, perlu adanya koordinasi pihak terkait guna mempercepat implementasinya. “Harapannya dapat terbangun sinergitas antara UPD dan LSM guna memfasilitasi kelompok dalam mengusulkan bantuan serta fasilitasi kelompok sesuai usaha masing-masing,” ungkapnya.

Sementara Kepala Seksi Tata Kelola Bidang Kehutanan Endah mengatakan jika kegiatan koordinasi pelaksanaan program Perhutanan Sosial di wilayah CDK Kabupaten Madiun sebagai forum untuk penyelesaian permasalahan Perhutanan Sosial di tingkat tapak, “Harapannya dapat meningkatkan pengembangan usaha kelompok pasca penerimaan SK Kulin KK dengan sasaran menyelaraskan pembangunan yang ada di Madiun dan sekitarnya,” katanya. (Kom-PHT/Srd/Swn)

Editor : Ywn

Copyright©2021