"Loading..."

Perhutani Bersama CDK Tasikmalaya Tinjau Lokasi Tanaman GTPP

TASIKMALAYA, PERHUTANI. (28/7/2020) | Dalam upaya mendukung program Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon (GTPP), Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya bersama Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Tasikmaya melakukan peninjauan ke lokasi tanaman bantuan dari Perhutani  yang ditanam di luar kawasan hutan di Kampung Kubangsari dan Pangliaran, Minggu (26/7).

Ditempat terpisah Administratur Perhutani KPH Tasikmalaya Benny Suko Triatmoko menyampaikan, tujuan peninjauan tanaman bantuan dari Perhutani tersebut untuk mendukung program Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon di wilayah Cikatomas Tasikmalaya. Selain itu, dalam rangka mencegah meluasnya lahan kritis di luar kawasan hutan, salah satu upaya preventif yang dapat dilakukan adalah dengan mengkampanyekan pelestarian sumber daya alam pada masyarakat baik yang ada di sekitar kawasan hutan maupun diluar kawasan.

“Untuk mendukung hal tersebut, salah satu langkah yang dilakukan mengajak pada masyarakat untuk membudayakan gerakan menanam pohon”, jelas Benny

Menanam pohon menyelamatkan kehidupan. Memelihara pohon mencintai kehidupan. Hidup kita sendiri, makhluk hidup lainnya, dan lingkungan hidup global. Dan ini menjadi niat baik yang dapat merubah pola pikir dan dapat menggerakan hati untuk berkarya berbuat lebih baik lagi bagi hutan dan lingkungan.”

Kepala Cabang Dinas Kehutanan Badrujaman mengatakan dengan adanya  program Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon berharap akan ada program lanjutan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan dan dinikmati lebih cepat oleh masyarakat penggarap. Karena menanam pohon itu sifatnya investasi jangka panjang untuk anak cucu.

“Kegiatan pemeliharaan tanaman perlu dilakukan secara terus menerus. Kalau hanya menanam itu hal yang mudah, tapi kalau memelihara perlu upaya yang lebih lagi, perlu dirawat, dipupuk, disiram bahkan dijaga dari berbagai gangguan baik itu yang sifatnya penyakit maupun hama sampai pada gangguan manusia,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, selain meninjau lokasi tanaman juga mengunjungi wisata Curug Panganten yang berada di petak 34 RPH Cikalong BKPH Cikatomas KPH Tasikmalaya. (Kom/Pht-Tsk/UWA)

Editor : Ywn

Copyright©2020