"Loading..."

Perhutani Bersama CDK VII dan BPBD Sosialisasi Pencegahan Karhutla di Banjarnegara

KEDU SELATAN, PERHUTANI (03/07/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan mengadakan sosialisasi penanggulangan kebakaran hutan di Pos Rembug Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Lembah Sungai Sapi Desa Kebon Dalem wilayah kerja Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Banjarnegara, Rabu  (01/07).

Hadir pada kegiatan tersebut jajaran Cabang Dinas Kehutanan (CDK) wilayah VII, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Polres Banjarnegara, Pengurus Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Kebon Dalem dan Wanadri. Adapun narasumber dari CDK VII Joko Cahyono, dari BPBD Junaedi serta Asisten Perhutani BKPH Banjarnegara Bambang Hariyadi .

Bambang Haryadi mewakili Administratur Kedu Selatan menyampaikan bahwa bulan Juli ini, menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagian besar wilayah Indonesia mengalami puncak musim kemarau, dimungkinkan akan terjadi kekeringan. Untuk antisipasi pencegahan kebakaran terhadap wilayah hutan di Kedu Selatan seluas  44.659.88 Ha  diperlukan koordinasi dengan instansi terkait.

“Wilayah BKPH Banjarnegara sendiri luasnya 6.431.10 Ha. Lebih baik kita lakukan upaya preventif akan terjadinya kebakaran daripada sudah terlanjur terbakar, namun kita juga harus mempersiapkan diri, dengan menguasai keterampilan, strategi meredam kebakaran seandainya terjadi kebakaran.” jelasnya.

Sementara Joko Cahyono dan Junaedi memberikan materi tentang bagaimana mencegah dan menangani kebakaran.

Para narasumber  menekankan pentingnya senantiasa mencegah terjadinya kebakaran, misalnya dengan tidak membuat titik api, tidak membuang puntung rokok, tidak membakar seresah di ladang tanpa pengawasan. Juga diharapkan  kesiagaan pengelola lahan dan hutan serta mengusai ketrampilan pengendalian karhutla. (Kom-PHT/KDS/Ruwi)

Editor : Ywn

Copyright©2020