"Loading..."

Perhutani Bersama Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya Serahkan Bantuan Sarpra pada LMDH

TASIKMALAYA, PERHUTANI (24/12/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya bersama dengan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya menyerahkan bantuan berupa empat buah Cultivatur untuk menggemburkan tanah kepada anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wargi Jaya dan anggota Gabungan Kelompok Petani Hutan (Gapoktan) Sawargi Desa Setiawargi dari Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat pada kegiatan penanaman pohon bersama seluas 10.00 Ha di petak 7 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sukaraja, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Singaparna, Selasa (24/12).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan dan Pengembangan Bisnis (PPB) Rodiana Rahman, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya Tedi Setiadi, Asisten Perhutani (Asper) BKPH Singaparna Ahmad Juniarsa, perwakilan Forkopimcam Kecamatan Tamansari, perwakilan Forkopimdes Desa Setiawargi dan Desa Gunung Tandala serta anggota LMDH Wargi Jaya.

Dalam kesempatan tersebut Administratur KPH Tasikmalaya Benny Suko Triatmoko di tempat terpisah menjelaskan bahwa kegiatan penanaman ini merupakan rangkaian terpadu dengan fokus utama melakukan penghijauan di lahan Perhutani yang masih kosong. Kebersamaan dan kekompakan dalam kegiatan penanaman pohon merupakan langkah yang paling ampuh untuk pelestarian alam dan lingkungan, menjaga ekosistem alam agar tetap terjaga dan terpelihara.

“Selain untuk menjaga ekosistem alam, juga mengantisipasi terjadinya longsor, kekeringan dan hilangnya cadangan air atau resapan air yang dapat kita lihat di musim kemarau. Untuk itu sinergitas antara Perhutani dan stakeholder harus tetap terjaga sehingga hutan kembali rindang dan alam tetap utuh,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, Tedi Setiadi mengharapkan kegiatan ini dapat diikuti oleh masyarakat sekitar hutan untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada di wilayahnya agar rindang kembali. Pihaknya akan memberikan sarana dan prasarana berupa padi gogo dan kacang tanah untuk ditanam. Kedepannya Dinas Pertanian mengharapkan kerjasama ini dapat berlanjut di lokasi-lokasi yang lain.

Mewakili anggotanya Ketua LMDH Wargijaya, Nata Wijaya mengucapkan terima kasih kepada Perhutani Tasikmalaya karena telah memberikan lahan garapan untuk ditanami padi gogo dan kacang tanah. Ia menyatakan seluruh anggota LMDH siap mensukseskan tanaman baik tanaman hutan maupun tanaman pertanian di lokasi garapannya. (Kom-PHT/Tsk/AH)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019