"Loading..."

Perhutani Bersama Dinas Pertanian Verifikasi Lokasi Tanaman Jagung di Pemalang

PEMALANG, PERHUTANI (23/03/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pemalang bertempat di petak 7 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Karangmalang, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kedungjati melaksanakan verifikasi lokasi tanaman jagung bersama Dinas Pertanian Kabupaten Tegal dan Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah. Kegiatan verifikasi didampingi oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Gemi Lestari Desa Karangmalang, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, Senin (22/03).

Hadir dalam kegiatan, Kepala Sub Seksi (KSS) Kelola Sumber Daya Hutan (SDH) dan Perhutanan Sosial (PS) Sugiyatno, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Tegal Nur Udi Setiawan, Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah Supriyati, Kepala Desa Karangmalang Kholid, Ketua LMDH Gemi Lestari Eko Basuki, masing-masing beserta jajarannya.

Administratur KPH Pemalang melalui KSS Kelola SDH dan PS, Sugiyatno menyampaikan, “Adapun wilayah KPH Pemalang yang masuk di wilayah administratif Kabupaten Tegal yakni BKPH Kedungjati dan BKPH Jatinegara. Dengan verifikasi lokasi tanaman jagung sebagai tindaklanjut dari usulan LMDH yang dihimpun Perhutani dan selanjutnya diteruskan ke Dinas Pertanian, kami mengharapkan terealisasinya rencana lokasi tanam jagung yang berada di wilayah administratif kabupaten Tegal seluas 2.668 Hektar. Upaya pengembangan jagung dilaksanakan untuk mendukung program ketahanan pangan nasional,“ tuturnya.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Tegal, Nur Udin Setiawan dalam kesempatannya menyampaikan bahwa pihaknya memperhatikan dan merespon usulan masyarakat dalam wadah LMDH sebagai petani yang mengelola lahan legal di dalam hutan.

“Dengan dilaksanakannya verifikasi bersama tim dari Dinas Pertanian, kami berupaya dalam waktu dekat akan merealisasikan bantuan benih jagung dan pupuk bersubsidi untuk petani hutan,” imbuhnya.

Ketua LMDH Gemi Lestari Desa Karangmalang, Eko Basuki menyampaikan ucapkan terima kasih pada jajaran Perhutani dan Dinas Pertanian yang sudah berkenan melaksanakan kunjungan di lokasi tanaman jagung yang berada di wilayah pangkuan LMDH Gemi Lestari.

“Semoga kegiatan yang telah dilakukan siang hari ini dapat memberi berkah bagi petani hutan,“ harapnya. (Kom-PHT/Pml/Eko)

Editor : Ywn
Copyright©2021