"Loading..."

Perhutani Bersama DLHK Jateng Adakan Koordinasi Pokja Perhutanan Sosial

SEMARANG, PERHUTANI (22/7/2020) | Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah bersama DLHK Provinsi Jateng mengadakan rapat koordinasi Kelompok Kerja percepatan implementasi program Perhutanan Sosial (PS) secara virtual yang diadakan pada Senin (20/7).

Kegiatan koordinasi tersebut diikuti Kepala Bidang Penyuluhan, Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Perlindungan Hutan Endang Sudaryanti, Kepala Departemen Perlindungan dan Pengelolaan Sumber Daya Hutan  Perhutani Henry Purnomo, Expert Kelola Sosial Perhutani Joko Adianto, Kepala Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Jawa Bali  Nusa Tenggara  Ojom Sumantri  dan segenap Kepala Cabang Dinas Kehutanan (CDK) se-Jateng.

Mewakili Kepala Perhutani Divre Jateng Henry Purnomo menyampaikan kemajuan program PS di Perhutani Jateng sampai dengan Juli 2020 telah diterbitkan SK IPHPS dan Kulin KK sebanyak 58 lokasi dari permohonan PS  sebanyak 701 lokasi dengan keluasan sesuai SK 17.226,80 hektar dari permohonan seluas 272.889,8 hektar dan  dengan jumlah penggarap 16.072  KK dari permohonan  89.149 KK.

“Untuk percepatannya Perhutani memfasilitasi proses verifikasi teknis dan usulan permohonan kepada Kementerian LHK dari masing-masing KPH.  Sebagai contoh pada  awal Juli 2020 Perhutani KPH Banyumas Barat mendampingi LMDH Banyumas dan Cilacap mengajukan 47 berkas permohonan program PS dengan skema Kulin KK  ke Kementerian LHK ,” ujar Henry.

Sementara itu Kepala Bidang Penyuluhan, Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Perlindungan Hutan Endang Sudaryanti memberikan arahan agar segenap CDK di kabupaten/kota segera berkoordinasi secara intensif dengan KPH Perhutani yang wilayahnya terdapat program PS terkait penyuluhan dan pendampingan calon pemohon PS dan pendampingan para pemohon yang sudah mendapatkan SK PS untuk penyusunan rencana kerja pemanfaatannya dan membentuk kelompok Usaha PS. (Kom-Pht/DivJateng/ldk)

Editor : Ywn

Copyright©2020