"Loading..."

Perhutani bersama Fokus Bangun Sinergi Jaga Kelestarian Kawasan Hutan Ciamis

‌CIAMIS, PERHUTANI (22/02/2021) | Dalam rangka menjaga kelestarian Kawasan Hutan, Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ciamis bersama Forum Komunikasi Peduli Gunung Sawal (FOKUS) mengadakan pertemuan di Sekretariat FOKUS di Ciamis pada Minggu (20/02).

Hadir dalam kegiatan tersebut Administratur KPH Ciamis, Sukidi beserta jajaran dan Ketua FOKUS,  Nondi beserta anggotanya.

Sukidi mengatakan bahwa dalam upaya menjaga kelestarian kawasan hutan yang berada di wilayah KPH Ciamis khususnya wilayah Gunung Sawal, Perhutani terus menjalin silaturahmi dengan seluruh stakeholder untuk membangun sinergitas. Ia juga menyampaikan jika Perhutani bersama FOKUS sepakat untuk terus melestarikan hutan dengan kegiatan pengkayaan tanaman, mereboisasi sumber-sumber mata air, tepi jurang dan sempadan sungai.

“Sinergitas ini perlu dilakukan, karena baik Perhutani maupun FOKUS memiliki program melestarikan kawasan hutan khususnya Gunung Sawal,” katanya.

Sukidi juga menyatakan bahwa seluruh masyarakat, pecinta lingkungan dan yang lainnya, dapat melakukan aktivitas di wilayah hutan Perhutani, yang tentunya dengan melakukan kerjasama dan mematuhi aturan yang ditetapkan pemerintah.

Sementara itu Ketua FOKUS, Nondi menyampaikan terima kasih atas informasi dari Perhutani tentang aturan dalam pelaksanaan kegiatan pengkayaan tanaman, reboisasi sumber-sumber mata air, tepi jurang dan sempadan sungai di Kawasan Hutan yang dikelola Perhutani. Pihaknya juga menyampaikan harapan semoga hutan Gunung Sawal dapat terjaga kelestariannya dan memberi manfaat bagi kehidupan masyarakat, terutama sebagai penyimpan cadangan air, penahan erosi, longsor, dan penghasil oksigen.

”Betapa pentingnya jalinan kerja sama ini, dimana dalam rangka menjaga keutuhan dan kelestarian kawasan hutan,”  pungkasnya. (Kom-PHT/Cms/Bun).

Editor : Ywn

Copyright©2021