"Loading..."

Perhutani Bersama FOKUS Lakukan Rehabilitasi Sumber Mata Air dan Sempadan Sungai di Ciamis

CIAMIS, PERHUTANI (01/01/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ciamis bersama Forum Komunikasi Peduli Gunung Sawal (FOKUS) melakukan rehabilitasi sumber mata air dan sempadan sungai melalui kegiatan pengkayaan tanaman jenis Picung, Aren dan Pinang. Acara penanaman dilaksanakan di petak 21 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Kawali, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ciamis, Selasa (31/12).

Kegiatan ini dihadiri oleh Asper (Asisten Perhutani) BKPH Ciamis Bambang Bunyamin, segenap anggota FOKUS yang tersebar di Kabupaten Ciamis, jajaran Forkopimcam Kecamatan Kawali dan Cipaku, ibu–ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Cipaku, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sukawening.

Administratur KPH Ciamis, Jerry Purwo Nugroho melalui Asper BKPH Ciamis Bambang Bunyamin mengapresiasi dan mendukung kegiatan rehabilitasi sumber-sumber mata air dan sempadan sungai atau tepi jurang yang diprakarsai oleh FOKUS dengan jenis tanaman yang memiliki nilai dan fungsi ekologi dan ekonomi yang baik, serta dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat khususnya yang berada di sekitar hutan. Perhutani juga menyampaikan terima kasih pada stakeholder yang telah membantu mensukseskan kegiatan penanaman pada kawasan hutan negara yang dikelola oleh Perhutani, sehingga diharapkan di masa depan pengelolaan hutan lebih memiliki keseimbangan dari fungsi ekologi, ekonomi, dan sosial.

Ungkapan senada disampaikan Ketua FOKUS, Ismail yang menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Perhutani, Dinas, dan Intansi terkait  juga masyarakat tatar Galuh  yang telah membantu dan memberi dukungan dalam pelaksanaan kegiatan pengkayaan tanaman, reboisasi sumber-sumber mata air, tepi jurang dan sempadan sungai.

“Kegiatan yang dilaksanakan di lokasi hutan negara yang dikelola Perhutani KPH Ciamis dengan pengkayaan tanaman dan reboisasi ini diharapkan menjadikan hutan Ciamis  terjaga kelestariannya dan memberi manfaat bagi kehidupan masyarakat, terutama sebagai penyimpan cadangan air, penahan erosi, longsor, penghasil oksigen.” pungkasnya (Kom-PHT/Cms/Bun)

Editor : Ywn
Copyright©2019