"Loading..."

Perhutani Bersama Forkopimcam Margomulyo Lakukan Penanaman Bersama di Padangan

PADANGAN, PERHUTANI (24/12/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Padangan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Margomulyo dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jati Murni melakukan penanaman bibit pohon sebanyak 700 plances di petak 119e yang merupakan Hutan Alam Sekunder (HAS) wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Besali, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kates, Rabu (23/12).

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh Perangkat Desa Meduri dan Koperasi Primkokar KPH Padangan yang melakukan penanaman dengan jenis bibit mangga 300 plances, bibit nangka 200 plances  dan bibit jambu kristal 200 plances.

Administratur KPH Padangan Loesy Triana menyampaikan, bahwa HAS adalah kawasan lindung yang harus dijaga kelestariannya, salah satunya dengan melakukan pengkayaan tanaman dengan berbagai jenis bibit. “Tentunya kegiatan tersebut melibatkan stakeholder seperti Forkopimcam untuk menjalin sinergitas lintas sektoral, sehingga kelestarian hutan dan lingkungan dapat dilakukan bersama-sama,” katanya.

Menurut Loesy, fungsi hutan adalah untuk menyimpan air karena penyerapan air ke dalam tanah lebih optimal sehingga bencana banjir, longsor dan erosi bisa diminimalisir. “Kelestarian hutan dan lingkungan sudah merupakan tanggung jawab kita bersama,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Margomulyo, AKP Mulyono yang mewakili Forkopimcam saat dikonfirmasi mengenai penanaman tersebut mengatakan, bahwa hutan sebagai bagian dari unsur sumber kehidupan atau keberlangsungan semua makhluk hidup yang keberadaannya harus dipertahankan bersama-sama. “Kami minta kesadaran semua pihak khususnya masyarakat yang tinggal di sekitar hutan untuk bersama-sama ikut menjaga melestarikan hutan,” katanya. (Kom-PHT/Pdg/Mmt)

Editor : Ywn

Copyright©2020