"Loading..."

Perhutani Bersama Forkopimcam Prigen Tanam Pohon di Kawasan Wisata ‘De Picnic’ Pasuruan

PASURUAN, PERHUTANI (24/3/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pasuruan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Prigen melakukan penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Jadi Perhutani ke-60 bertempat di Wisata Alam ‘De-Picnic’ petak 58e wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Prigen, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawang Barat, Desa Lumbangrejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jumat (23/3).

Kegiatan yang bertemakan “Semangat bersatu untuk bangkit dan tumbuh menjadi pengelola hutan berkelanjutan yang bermanfaat bagi masyarakat” tersebut dipimpin oleh Administratur KPH Pasuruan Candra Musi. Kegiatan tersebut  diikuti sekitar 200 peserta terdiri  jajaran Perhutani KPH Pasuruan, Camat Prigen Tri Krisni Astuti, Bhabinkamtibmas Polsek Prigen Ibda Nur Cholis, Babinsa Koramil Prigen Serka Rofik, Perwakilan Ikatan Istri Karyawan (IIK) Perhutani KPH Pasuruan, Kades Prigen Cipto Roso, LMDH Alam Barokah serta pemerhati lingkungan.

Pada kegiatan penanaman tersebut bibit yang ditanam berupa tanaman keras, jenis Multi Purpose Tree Species (MPTS) antara lain durian, alpukat, nangka dan pete. Tanaman yang mempunyai nilai manfaat bagi masyarakat, hasil buahnya dapat dinikmati serta untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Administratur KPH Pasuruan Candra Musi dalam sambutannya menyampaikan, terima kasih kepada peserta telah meluangkan waktunya hadir pada acara penanaman Hari Jadi Perhutani ke-60. Candra Musi juga menyampaikan secara singkat cikal bakal berdirinya Perhutani di Indonesia.

“Saya mengajak masyarakat untuk melakukan penanaman pohon, karena menanam pohon merupakan suatu investasi yang luar biasa, dan investasi jangka panjang. Siapa pun yang melakukan penanaman pohon dengan baik, rezeki dari yang Maha Kuasa akan selalu mengalir. Oleh karena itu sepanjang tanaman yang ditanam masih hidup akan memberikan manfaat bagi makhluk hidup dan akan mendapatkan pahala,” terangnya.

Sementara itu Camat Prigen Tri Krisni Astuti mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dengan kegiatan penanaman pohon yang dilakukan di wilayah hutan Prigen Kabupaten Pasuruan. Menurutnya sebagai salah satu pemangku hutan yang berada di Prigen, pihaknya ikut bertanggungjawab terhadap keselamatan alam, jadi pada intinya dengan menanam pohon  sekecil apa pun akan ada hasilnya di kemudian hari.

“Semoga dengan adanya kegiatan–kegiatan ini bisa menjadikan amal ibadah yang bermanfaat dan berkelanjutan,” katanya. (Kom-PHT/Psu/Dd)

Editor : Ywn

Copyright©2021