"Loading..."

Perhutani Bersama Forkopimcam Senori Tanam 302 Ribu Bibit Pohon di Medalem Tuban

JATIROGO, PERHUTANI (4/1/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jatirogo bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Senori Kabupaten Tuban menggelar penanaman tanaman berbagai jenis bibit pohon sebanyak 302 ribu plances  di petak 142 B wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sokomedalem, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Bate, Minggu (3/1).

Kegiatan penanaman tersebut diikuti oleh anggota Lembaga Masyarakat Dssa Hutan (LMDH) di wilayah BKPH Bate, jenis bibit pohon yang ditanam diantaranya jati, rimba campur (kesambi, mahoni, kepuh) dan tanaman Multy Purpose Tree Species (MPTS) yakni, nangka dan jambu.

Adminstratur KPH Jatirogo melalui Wakilnya Irawan Bintoro Aji saat di lokasi penanaman mengatakan, bahwa pihaknya pada tahun 2020 telah menyiapkan 2,2  juta bibit pohon yang diperuntukkan mereboisasi kawasan hutan KPH Jatirogo seluas 917 hektare yang tersebar di 6 BKPH yakni,  BKPH Bate, Bahoro, Sekaran, Ngulahan, Bancar dan Bangilan.

“Sudah 80 persen selesai tanam dan diharapkan kegiatan tersebut dapat melestarikan hutan dan sumber air serta menjaga oksigen supaya tetap bersih. Semoga kedepannya juga dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat,” Irawan menambahkan.

Sementara itu Asisten Perhutani (Asper) Bate Sutikno mengatakan bahwa dari total luas area 3.125,9 hektare terdapat 38 anak petak yang akan ditanami bibit tanaman jenis jati dan rimba campur. Menurutnya seluas 243 hektare kawasan tersebut ditanam jenis bibit jati dan rimba campur yang dilakukan bersama LMDH setempat. (Kom-PHT/Jtr/Gun)

Editor : Ywn

Copyright©2020