"Loading..."

Perhutani Bersama Gubernur Jawa Tengah Tanam Ratusan Pohon di Demak

SEMARANG, PERHUTANI (18/01/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Semarang dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beserta rombongan mengikuti kegiatan penanaman pohon di Kawasan Perlindungan Setempat (KPS) sempadan sungai. Sebanyak 500 pohon dengan jenis tanaman keras ditanam di petak 91f wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Jragung, Desa Jragung, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak, Sabtu (16/01). Kehadiran Gubernur beserta rombongan juga bersepeda sehat dalam rangka memenuhi undangan Pemerintah Desa Jragung.

Kedatangan rombongan orang nomor satu di Provinsi Jawa Tengah tersebut disambut oleh Administratur KPH Semarang Khaerudin, Camat Karangawen Sugeng Pujiono, Komandan Koramil Karangawen Kapten Inf. Ahmad Safi’i, Kapolsek Karangawen Ujang Lisyono dan Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wargo Manunggal Wana Lestari M. Soni beserta anggota.

Administratur KPH Semarang, Khaerudin mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Jawa Tengah di KPS wilayah Perhutani. Khaerudin menjelaskan wilayah hutan di Kecamatan Karangawen, Desa Jragung cukup luas dimana terdapat hamparan kawasan hutan yang kosong, sehingga perlu dilakukan penanaman lagi oleh pihak Perhutani selaku pengelola. Hal ini merupakan upaya bersama dengan harapan dikemudian hari kawasan desa Jragung lebih asri.

“Dengan semangat Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera, semoga memperkuat fungsi hutan untuk kelestarian lingkungan,” tambah Khaerudin.

Dalam arahannya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyampaikan kepada segenap masyarakat dan stakeholder di wilayah Desa Jragung untuk menggalakkan kegiatan menanam di seluruh sempadan sungai Desa, agar tidak gundul. Ganjar juga berharap kepada Kepala Desa Jragung untuk senantiasa megingatkan warganya agar tidak menebang pohon.

“Ayo menanam lebih banyak, karena curah hujan masih turun sampai bulan Maret dibantu Perhutani, TNI, Polri dan LMDH,” ucapnya.

Di kesempatan yang sama Kepala Desa Jragung, Edy Susanto mengatakan masyarakat Desa Jragung yang juga tergabung dalam LMDH binaan Perhutani telah bersama-sama mengadakan konservasi lingkungan dengan penanaman pohon.

“Diharapkan dengan penanaman ini, lingkungan kembali hijau, sejuk, serta mudah mendapatkan mata air. Untuk meningkatkan kepedulian bersama, maka kami juga telah membentuk Kelompok Peduli Hutan di bawah LMDH bersama-sama  dengan Perhutani,″ tegasnya  (Kom-PHT/Smg/Ad)

Editor : Ywn
Copyright©2021